Sempat Bermasalah, Revitalisasi Pasar Cihaurgeulis Dikebut

BANDUNG– Sempat mendapat permasalahan di tahap perizinan, kini revitalisasi Pasar Cihaurgeulis kembali dilanjutkan oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung. Bahkan, langsung mendapat pendampingan khusus dari Kejaksaan Negeri (Kejari) Kota Bandung serta mendapat rekomendasi dari Tim Ahli Bangunan Gedung (TABG).

Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana memastikan, bahwa Pasar Cihaurgeulis dapat selesai tahun ini. “Pak wali kota juga menargetkan, bahwa Pasar Cihaurgeulis ini harus selesai dan diresmikan tahun ini,” kata Yana, ditemui di Pasar Kosambi, Jalan Jendral Ahmad Yani, Senin (23/9).

Sementara itu, Panca Saktiadi selaku Direktur Umum Operasional dan Komersil PD Pasar Bermartabat menyatakan, revitalisasi Pasar Cihaurgeulis menghabiskan anggaran sekitar Rp 29,5 miliar yang telah memulai proses lelang sejak 2017 lalu.

“Sejak lelang 2017 lalu dan pembangunan saat ini terus dikebut. Dalam pembangunan, dari awal kami juga mendapat pengawasan dari Kejari Kota Bandung. Memang setiap pembangunan harus seperti itu, sebelumnya juga kita telah berkoordinasi dengan Kejari,” jelasnya.

Semenjak pemberhentian itu, kata dia, sejauh ini prospek pembangunan Pasar Cihaurgeulis baru diangka 27 persen.
“Dan sekarang sudah mulai jalan lagi supaya pembangunan cepat selesai. Ada usulan juga dari TABG untuk loading test dengan PDA (Pile Driving Analyzer), ini yang akan kita lakukan supaya IMB bisa keluar setelah adanya loading test tersebut,” terangnya.

Salah satu pengujian pada pekerjaan pondasi tiang (pancang maupun bor) adalah dengan melaksanakan PDA Test dan Analisa CAPWAP. “Sebelumnya IMB belum keluar, kami berharap setelah ada loading test ini IMB bisa keluar,” tandasnya. (mg2/drx)

Tinggalkan Balasan