Selama Ramadan Pengunaan Air PDAM Diprediksi Meningkat Hingga 5-10 Persen

CIMAHI – Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Raharja, mempre­diksi penggunaan air bersih selama bulan ramadan akan mengalami peningkatan.

Manajer Junior Humas dan Keseketariatan PDAM Tir­ta Raharja, Sri Hartati mengakui memang jika melihat pada tahun-tahun sebelumnya, saat bulan ramadan pengguna air ber­sih selalu meningkat lima hingga sepuluh persen dari penggunaan dibulan-bulan biasa.

”Tapi kita jamin semua pelanggan bisa terpenuhi kebutuhannya selama bu­lan suci ini,” kata Sri, saat ditemui di Kantor PDAM Tirta Raharja, Jalan Kolonel Masturi, Senin (6/5).

Dia mengungkapkan, se­jauh ini PDAM Tirta Ra­harja memasok pelanggan ditiga wilayah yaitu, Kota Cimahi, Kabupaten Bandung dan Kabupaten Bandung Barat dengan jumlah total sebanyak 98.103 Sambung­an Rumah (SR).

”Pasokan air bersih untuk ketiga wilayah itu bisa di­pastikan lancar. Debit saat ini berkisar 166 liter per detik. Khusus pelanggan yang ada di Wilayah Cimahi saat ini berjumlah 15.615 SR,” ungkapnya.

Dia menjelaskan, di bulan puasa biasanya peningka­tan penggunaan air PDAM terjadi sejak petang hingga pagi hari. Namun meski ada peningkatan, ia me­minta para pelanggan un­tuk tidak khawatir keku­rangan air. Pasalnya PDAM yang sumber air nya bera­sal dari Situ Lembang, Pangalengan dan Sungai Citarum rutin melakukan pemeliharaan.

”Sebelum Ramadan kita melakukan pemeliharaan jaringan secara optimal. Mulai dari pengecekan pipa-pipa yang diintensif­kan, terutama untuk men­gurangi potensi kebocoran air,” jelasnya.

Dia menuturkan, antisi­pasi kebocoran pipa terus dilakukan pihaknya, sebab, jika hal itu terjadi, maka berdampak langsung ter­hadap pasokan air ke ma­syarakat.

”Petugas terus melakukan patroli sampai malam un­tuk mengecek pipa saluran, jika ada kebocoran langsung diperbaiki,” tuturnya.

Tidak hanya itu, lanjutnya, untuk memberikan air yang bersih, pihaknya juga rutin melakukan kegiatan pen­gurasan yang dilakukan sebelum Ramadan.

”Pengurasan penam­pungam sudah dilakukan sebelum bulan puasa ka­rena itu rutin,” ucapnya.

Kendati demikian, dia mengimbau kepada para pelanggan PDAM Tirta Ra­harja agar tetap bijak dalam menggunakan air selama bulan puasa.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan