Selama Ramadan Pelayanan Extra Time Cimsel Dihentikan

CIMAHI – Selama bulan Ra­madan, Kecamatan Cimahi Selatan menghentinkan program layanan extra time yang sudah berjalan sejak 2018 yang lalu.

Pelayanan extra time sen­diri adalah inovasi pelayanan yang diberikan pada setiap Jumat sore hingga malam oleh Kecamatan Cimahi Selatan kepada masyarakat untuk mengurus administrasi ke­pendudukan.

Camat Cimahi Selatan, Tuti Hestiantina mengatakan, selama setahun berjalan saat Ramadan program yang diinisiasinya akan diliburkan dan kembali diaktif­kan setelah lebaran.

”Bukan karena tidak efektif. Tapi, karena bulan puasa wak­tunya untuk beribadah, terlebih malam harinya harus melaks­anakan tarawih,” kata Tuti, saat dihubungi melalui sambungan telepon, Selasa (14/5).

Menurutnya, program pe­layanan exstra time merupa­kan bentuk inovasi Kecama­tan Cimahi Selatan untuk mempermudah memberikan pelayanan kepada masyarakat di luar jam kerja.

”Pelayanan ekstra time ber­langsung setiap Jumat di ming­gu kesatu dan ketiga, mulai dari pukul 17.00 WIB hingga pukul 21.00 WIB,” ujarnya.

Tuti menyebutkan, dengan adanya program tersebut ma­syarakat yang tidak memiliki waktu di hari kerja pada umumnya, kini bisa menda­tangi bagian pelayanan di kecamatan.

Dengan adanya program extra time, lanjutnya, masy­arakat kini bisa meluangkan waktu untuk mengurus ad­ministrasi kependudukan dan lainnya. Walaupun program tersebut terbilang baru, tapi animo masyarakat cukup ba­gus. Bahkan, mereka minta agar program ini waktunya ditambah di hari Minggu.

”Kalau untuk hari libur kita belum bisa. Karena ini ma­suknya jam lembur,” ujarnya.

Pemberitahuan liburnya program pelayanan extra time sudah disampaikan ke masing-masing kelurahan untuk dit­indaklanjuti ke tiap-tiap pen­gurus RW.

”Kita sudah kasih surat eda­ran ke masing-masing kelu­rahan, nanti mereka bertugas mensosialisasikan ke RW dan masyarakat, kalau pelayana­nya hanya di waktu normal saja,” bebernya.

Setiap harinya, ratusan ma­syarakat berbondong-bondong mengurus administrasi ke­pendudukan. Di waktu rama­dan, pelayanan berakhir pu­kul 15.00 WIB.

”Jadi dimanfaatkan dulu selama waktu normal ini. Dari pagi sampai jam tiga sore, tapi memang tidak ter­layani semua, ada yang kem­bali lagi besoknya,” terangnya.

Tinggalkan Balasan