Selama Ramadan Konsumsi Air Naik 10 %

NGAMPRAH– Pemakaian air bersih milik PDAM Tirta Raharja selama bulan Ramadan hingga Hari Raya Idul Fitri nanti mengalami kenaikan sekitar 10 persen jika dibandingkan hari biasa. Kondisi ini diantisipasi oleh perusahaan pelat merah milik Pemkab Bandung tersebut dengan menyiagakan petugas piket dan penyaluran secara bergiliran di beberapa lokasi.

“Pemakaian air bersih naik hingga 10 persen selama bulan Ramadan dari kondisi normal. Peningkatan pemakaian terjadi pada sore dan malam hari hingga menjelang sahur,” kata Manajer Junior Humas dan Sekretariat PDAM Tirta Raharja, Sri Hartati kepada wartawan, Senin (13/5/2019).

Menurutnya kenaikan itu terjadi merata di tiga wilayah yang dilayani PDAM Tirta Raharja, yakni Kabupaten Bandung, Kota Cimahi, dan Kabupaten Bandung Barat. Total sambungan rumah (SR) yang terlayani mencapai 98.103 yang terbagi wilayah pelayanan timur sebanyak 39.727 SR, pelayanan utara 27.158 SR, dan pelayanan selatan 31.218 SR. Jumlah itu termasuk sambungan sektor industri, badan usaha, dan pribadi.

Sejauh ini meski ada peningkatan pemakaian namun suplai air tidak mengalami kendala. Ini dikarenakan sekarang hujan masih turun, sehingga sumber air baku di wilayah Cijanggel, Cisarua, untuk mengairi pelanggan di wilayah utara masih melimpah. Kendati begitu pihaknya tetap melakukan antisipasi jika sewaktu-waktu ada kejadian yang tidak bisa diprediksi seperti kebocoran pipa ataupun adanya bencana.

Sri menyebutkan, PDAM tetap membuka pelayanan pada saat libur Lebaran dengan adanya petugas piket untuk memberikan pelayanan dan pembayaran rekening. Dia pun mengimbau dari sekarang kepada pelanggan sebelum mudik sebaiknya membayar tagihan terlebih dahulu. Pergunakan air secukupnya, tutup keran rapat-rapat, serta tampung air untuk persediaan. Jika ada keluhan atau pengaduan bisa disampaikan melalui nomor kontak operator di wilayah terdekat.

“Perusahaan tetap memprioritaskan pelayanan ke pelanggan apalagi sejak awal tahun lalu tarif air sudah naik setelah lima tahun belum pernah ada penyesuaian. Hal ini sebagai upaya mempertahankan dan meningkatkan kualitas pelayanan kepada pelanggan,” tandasnya. (drx)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan