Sebanyak 66 Guru Ikuti Seleksi Kepala Sekolah

BANDUNG – Dinas Pedidikan (Disdik) bekerjasama dengan  Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Jawa Barat selenggarakan seleksi calon kepala sekolah.

Dilansir dari laman resmi Disdik Jabar, ada sebanyak 66 guru dari Sekolah Menengah Atas (SMA) Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dan Sekolah Luar Biasa (SLB) yang ikut dalam seleksi yang dilaksanakan di Aula SMK Negeri 9 Kota Bandung, Jalan Hatta, Buah Batu pada Selasa (12/3).

Kepala Seksi (Kasi) Kesejahteraan Bidang Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) pada Disdik Jabar, Eha Solihat mengungkapkan, seleksi yang dilaksanakan saat ini sudah sesuai dengan amanat Undang-Undang nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional dan Peraturan Pemerintah nomor 19 tahun 2017 tentang Guru serta Permendiknas nomor 13 tahun 2007 tentang Standar Kepala Sekolah/Madrasah.

”Selain itu, per 1 Maret ada 48 kursi kepala sekolah yang kosong karena pensiun, jadi kita lakukan kegiatan tersebut untuk mengisi kekosongan itu,” ungkap Eha.

Eha mengatakan, pada awalnya seluruh peserta yang terdaftar berjumlah 102 guru. Namun setelah dilakukan verfikasi data, hanya 66 guru yang lolos seleksi dan memenuhi persyaratan.

”Setelah dilakukan verfikasi ada beberapa guru yang tidak memenuhi persyaratan. sehingga tidak bisa mengikuti seleksi,” katanya.

Eha menuturkan, untuk kegiatan teknis telah disusun oleh kepanitiaan yang sebelumnya telah dibentuk. ”Ada tiga ruangan yang disediakan dalam proses ujian dan dinilai langsung oleh Tim Asesor dari BKD Jabar,” tandasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Jawa Barat, Dewi Sartika berharap, para calon kepala sekolah mampu memenuhi kompetensi yang harus dimiliki serta membawa peningkatan dan perbaikan bagi pendidikan khususnya di Jabar dan di satuan pendidikan yang kelak dipimpinnya.

”Kita juga dituntut untuk beradaptasi dengan era digitalisasi saat ini, maka saya harap semuanya mampu berinovasi dan berkolaborasi, sesuai dengan visi dan misi Jawa Barat,” singkatnya.(ziz)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan