SDM Cimahi Dipuji Kemenpora RI

CIMAHI – Cimahi menjadi salah satu kota terpilih untuk menggelar Festival Pemuda Kreatif yang digelar di Lapangan Apel Pemkot Cimahi, Jalan Demang Hardjakusumah pada Sabtu (7/12). Kegiatan tersebut diinisiasi Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) RI.

Dalam kegiatan tersebut, sebanyak 30 pelaku ekonomi kreatif difasilitasi untuk memamerkan produknya, sehingga dikenal luas di pasaran. Adapun pelaku ekonomi kreatif dipilah berdasarkan 16 sektor, seperti kriya, grafika, fesyen, film, musik, kuliner dan IT.

Asisten Deputi Kreatifitas pada Deputi Pemberdayaan Pemuda Kemenpora RI, Djunaedi mengatakan, pihaknya sangat mengapresiasi penyelenggaraan Festival Pemuda Kreatif di Kota Cimahi. Menurutnya, Cimahi memiliki bakat-bakat unggul dalam ekonomin kreatif.

”Kita tahu Jabar banyak kota kreatif. Menurut saya Cimahi merupakan salah satu kota kreatif,” ujarnya usai menghadiri Festival Pemuda Kreatif di Kota Cimahi.

Djunaedi menjelaskan, Cimahi disebut kota kreatif sebab memiliki Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul diberbagai bidang kreatifitas. Dari mulai fashion, musik, makanan, kerajinan dan sebagainya.

Salah satu hasil kreatifitas yang membuat Kemenpora kagum adalah robotik hasil karya para mahasiswa yang dipamerkan dalam kegiatan tersebut. Menurut Djunaedi, robot yang dipamerkan itu sudah laik ikut ajang internasional.

”Itu menggambarkan kalau Kota Cimahi dan sekitarnya Jabar ini banyak pemuda kratif dan kotanya juga kota kreatif. Kita bercita-cita memang di Cimahi ini banyak generasi muda yang unggul yang siap bersaing,” katanya.

Lebih jauh soal Festival Pemuda Kreatif, lanjut Djunaedi, ditujukan memang untuk memfasilitasi karya anak-anak muda di Kota Cimahi. Harapannya, kata dia, mereka nantinya bisa termotivasi dan lebih semangat dalam mengembangkan kreatifitasnya.

”Biar mereka terinspirasi, biar lebih banyak pemuda di Kota Cimahi ini menjadi pemuda yang kreatif dan inovatif. Selain memberikan motivasi, diharapkan ke depan ada sinergi, lebih mendorong kepada pemerintah daerah untuk bisa memfasilitasi anak-anak muda lokal,” tandasnya.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kota Cimahi Dikdik Suratno Nugrahawan mengatakan, kegiatan dari Kemenpora ini sudah sejalan dengan program dari Pemkot Cimahi melalui Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora) dalam menyiapkan SDM yang lebih baik dan unggul.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan