Sarana Kesehatan Harus Optimal

SOREANG – Untuk meningkatkan pelayanan kesehatan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bandung berencana membangun sejumlah fasilitas kesehatan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat di Kabupaten Bandung.

Asisten Perekonomian dan kesejahteraan Kabupaten Bandung Marlan mengatakan, untuk memenuhi pelayanan kesahatan dengan pendudukan cukup banyak, Kabupaten Bandung membutuhkan sekitar 3.700 tempat tidur, namun sampai saat ini baru ada sekitar 1.200 tempat tidur. Akibatnya, masih banyak masyarakat yang ditolak rumah sakit pada saat berobat atau rawat inap.

”Bahkan rumah sakit di Kabupaten Bandung juga melayani pasien dari daerah lain, seperti Cianjur dan Garut. Mudah-mudahan dengan adanya pembangunan Rumah Sakit Soreang yang menghabiskan anggaran sekitar Rp. 300 miliar dan pembangunan Rumah Sakit Salman yang berlokasi di Desa Sekarwangi Kecamatan Soreang, tidak ada lagi masyarakat yang ditolak rumah sakit,” kata Marlan.

Menurutnya, dalam Undang-Undang (UU) Nomor 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan, ditegaskan bahwa setiap masyarakat mempunyai hak yang sama dalam memperoleh akses atau sumber daya dibidang kesehatan, dan memperoleh pelayanan kesehatan yang aman, bermutu serta terjangkau. Sebelumnya pada tahun 2004, Pemerintah Pusat menerbitkan UU Nomor 40 tentang Sistem Jaminan Sosial Nasional. UU tersebut mengamanatkan bahwa jaminan sosial wajib bagi seluruh penduduk, termasuk JKN melalui suatu Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS).

”Berdasarkan data sampai bulan Agustus 2019, sebanyak 78,64 persen dari total 3,7 juta penduduk Kabupaten Bandung telah terdaftar sebagai peserta JKN. Hal ini menunjukkan sebesar 21,36 persen belum terdaftar. Jika dilihat dari jumlah penduduk yang terdaftar, Kabupaten Bandung menempati posisi ke-17 dari 27 kabupaten/kota di Jabar (Jawa Barat),” paparnya.

Marlan melanjutkan, kurangnya kepesertaan JKN tersebut dikarenakan faktor demografis Kabupaten Bandung. Sehingga Universal Health Coverage (UHC) atau cakupan kesehatan semesta yang ditargetkan Pemerintah Pusat belum tercapai.

”Pemeritah Pusat menargetkan, per 1 Januari 2019 UHC mencapai 100%. Karena jumlah penduduk di Kabupaten Bandung sangat banyak, kami terkendala mencapai target tersebut. Akibatnya, Pemkab Bandung mendapat pemotongan pajak dari DBHCHT (Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau) untuk menutupi kekurangannya,” lanjutnya.

Melalui kegiatan itu, ia berharap masyarakat Kabupaten Bandung lebih paham dan sadar untuk mendaftarkan diri menjadi peserta JKN – KIS. ”Kegiatan ini menghadirkan langsung Brand Ambassador dari JKN – KIS, Ade Rai. Dengan pola sosialisai yang dilakukan BPJS, kami berharap bisa mengubah pola hidupnya masyarakat dan mengurangi angka kesakitan di Kabupaten Bandung,” harapnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan