Sambut Ramadan PDGMI Gelar “MENGAZI”

BANDUNG– Perhimpunan Dokter Gizi Medik Indonesia (PDGMI) Cabang Jawa Barat menyelenggarakan kegiatan MENGAZI (Munggahan Mengobrol Gizi), di Auditorium Rumah Sakit Pendidikan

Universitas Padjadjaran Jalan Prof. Eyckman No. 38 Bandung, yang dihadiri oleh sekitar 300 peserta dari berbagai komunitas umum maupun yang berada di lingkungan Kementerian Agama di Kota Bandung.

Yenni Zuhairini, dr.,MGizi.,SpGK, Ketua PDGMI Jabar menyampaikan, bahwa organisasi ini adalah organisasi nirlaba beranggotakan dokter yang memiliki minat yang sama dalam bidang Gizi Medik. PDGMI mempunyai perhatian khusus terhadap upaya mendukung peningkatan kesehatan melalui penerapan pola hidup yang sehat. Bulan Ramadan dapat dijadikan sebagai momentum untuk memperbaiki dan membuat pola hidup sehat dan diharapkan terus dilaksanakan di bulan-bulan lainnya. Karena itu, kegiatan ini tidak berbayar dan ditujukan untuk awam serta mengundang komunitas yang dapat membantu diseminasi info sehat ke lingkungannya seperti pesantren, DKM, kader Posyandu dan lainnya.

Ketua panitia, dr. Nurly Hestika Wardhani, menyatakan bahwa tema yang diangkat sesuai dengan kebutuhan masyarakat mengenai pengetahuan pengaturan asupan nutrisi dan pola aktivitas yang sehat selama menjalankan shaum di bulan suci Ramadan. Seperti diketahui, bulan Ramadan adalah bulan yang penuh kemuliaan, bagi umat muslim bulan Ramadan merupakan hadiah dari Allah SWT sehingga kehadirannya sangat ditunggu-tunggu.

Setiap muslim mendambakan dapat beribadah dengan optimal pada bulan ini, karenanya diperlukan persiapan agar bisa menjalani rangkaian ibadah salah satunya dengan persiapan pengaturan asupan gizi supaya dapat tetap sehat sehingga dapat menunjang kekhusukan shaum.

Lebih lanjut diutarakannya, secara ilmiah shaum telah terbukti membawa banyak manfaat, tetapi masyarakat sering kebingungan untuk menerjemahkan anjuran dari dokter mengenai asupan gizi yang baik dalam pelaksanaan praktis sehari-hari, karena itu acara seminar ini dikemas menjadi satu paket lengkap. Narasumber ahli dan praktisi yang sangat berpengalaman di bidang gizi adalah dr. Kunkun K. Wiramihardja,Dipl. Nutr., MS, SpGK yang memaparkan tentang cara islami pengaturan makan dan aktivitas fisik saat shaum.

Penyiapan makanan dan jenis menu yang sesuai disampaikan juga oleh Ketua Program Studi Manajemen Tata Boga Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung, Ayu Nurwitasari, S. AP,

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan