Rotasi Pejabat Segera Bergulir

NGAMPRAH– Bupati Bandung Barat Aa Umbara Sutisna memastikan satu minggu lagi (pekan pertama di bulan Ramadan) akan dila­kukan rotasi, mutasi dan pro­mosi di jajaran eselon II, III hingga IV. Hal itu disampaikan Umbara saat memberikan sambutan dalam kegiatan So­sialisasi Pen­cegahan Ko­rupsi bagi ASN di ling­kungan Pemkab Bandung Barat. Ha­dir dalam acara tersebut Su­geng Basuki selaku Kasatgas Korsupgah Wilayah IV KPK, Pimpinan DPRD KBB serta ratusan ASN bertempat di Aula Gedung B Komplek Pe­merintahan Bandung Barat, Selasa (30/4).

Menurut Umbara, rotasi dan mutasi merupakan hal biasa yang dilakukan di sebuah pemerintahan. Jangan sampai, kata dia, rotasi dan mutasi justru mengganggu kinerja di setiap dinas. “Rotasi dan mutasi bukan hal luar biasa, mau dipindahkan ke dinas lain atau dijafungkan (jabatan fungsional) itu kan karena penilaian kinerja masing-masing bukan karena bapak. Kalau merasa kinerjanya ku­rang, ya harus siap (rotasi mutasi). Saya dengar sekarang sudah ramai di setiap dinas soal rotasi ini,” katanya.

Menurut Umbara, dalam rotasi dan mutasi yang per­dana di kepemim­pi­nan dirinya ini akan dilaku­kan secara terbu­ka tanpa diumum­kan secara mendadak. Umbara secara te­rang-terang­an akan meng­informasikan rotasi mutasi H-3 dari jadwal yang diten­tukan. “Informasi rotasi dan mutasi ini akan saya umum­kan 3 hari sebelumnya dan akan diundang (orang yang dirotasi) untuk siap dilantik serta tidak akan mendadak,” kata Umbara seraya menyebut­kan menjelang rotasi dan mutasi tercatat puluhan ASN yang belum melaporkan LH­KPN (laporan harta kekayaan penyelenggara negara) ke­pada KPK.

Selain menyampaikan ren­cana rotasi dan mutasi, dalam kesempatan tersebut Umbara juga menekankan akan pentingnya meningkatkan kedisiplinan ASN dalam bekerja melayani masyarakat. “Termasuk acara hari ini sangat penting untuk semua yang hadir mendengar­kan pemaparan dari bapak Sugeng soal pencegahan ko­rupsi bagi eselon II,III hingga IV. Tapi, tetap saja dari jadwal jam 8, yang datang justru jam 8.30. Pak Sugeng selesai me­nyampaikan, ini baru datang. Makanya yang tidak hadir hari ini tanpa alasan catat dan laporkan ke bapak,” tegas Umbara.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan