Roller Barrier Dipasang untuk Antisipasi Kecelakaan

BANDUNG – Untuk memperkecil resiko kecelakaan jalan raya Dinas Perhubungan (Dishub) Jabar secara berkala akan terus memasang roller barrier atau pembatas jalan berteknologi silinder putar di sejumlah titik rawan kecelakaan.

Kepala Dishub Jabar Hery Antasari mengatakan pemasangan roller barrier sudah berlangsung sejak 2018 hingga saat ini. Sebanyak tujuh titik saat ini sudah terpasang dan kedepanya akan terus ditingkatkan. Hal ini dilakukan seiringnya banyaknya insiden kecelakaan yang menelan banyak korban jiwa.

“Kita sudah mulai berlaku­kan sejak tahun lalu terutama di titik-titik rawan kecelakaan. Tentunya ini sebagai langkah meminimalisir kecelakaan dan korban jiwa,” kata Hery saat dihubungi via telepon genggam, Sabtu (16/11).

Ia menuturkan pemasangan yang sudah dilakukan oleh pihaknya di antaranya di tikungan ‘S’ Jalan Raya Cikidang-Pelabuhan Ratu, Kabupaten Sukabumi. Panjang pembatas jalan berwarna kuning itu se­panjang 60 meter.

Lebih lanjut dia menjelaskan lokasi selanjutnya yakni di Ja­lan Raya Cijambe-Jalan Cagak, Kabupaten Subang sepanjang 20 meter. Lalu Jalan Raya Leuwe­ung Tiis, Leles, Kabupaten Garut sepanjang 20 meter.

“Tiga lokasi ini kita sudah pasang sejak tahun 2018,” ucap dia.

Memasuki tahun 2019, pe­masangan dilanjutkan di ruas Jalan Simpang Loji-Puncak Darma, Kabupaten Sukabumi sepanjang 40 meter. Kemudian, pemasangan juga dilakukan di Jalan Tangkuban Parahu, Ka­bupaten Bandung Barat, KM 28 dengan panjang 80 meter.

“Yang sudah selesai juga ada di ruas Jalan Majalengka-Cikijing KM 59+700 sepanjang 20 meter,” tutur dia.

Dia menjelaskan ada beberapa titik lainnya yang sedang persiapan pemasangan roller barrier yakni Ruas Jalan Tanjung pura-Rengas dengklok-Batujaya, Kabupaten Karawang sepanjang 80 meter.

Lokasi lainnya yaitu Jalan Raya Cikajang-Bungbulang, Kabupa­ten Garut sepanjang 80 meter. Saat ini persiapan pemasangan­nya masih dalam tahap lelang dan baru diumumkan peme­nangnya 19 November 2019.

“Jadi total yang terpasang nanti tahun 2018 dan 2019 ini 380 meter,” ujar Hery.

Progres pemasangan roller barrier ini juga disampaikan Gubernur Jabar Ridwan Kamil melalui akun Instagramnya. Ia menyebut roller barrier sudah dipasang di banyak titik rawan kecelakaan di Jabar. (mg1/yan)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan