Reaksi Cepat Pulangkan Warga Jabar dari Wamena

BANDUNG – Setelah ada permohonan bantuan dari Pengurus Provinsi Papua Forum Komunikasi Masyarakat Tatar Sunda Pangumbaraan yang berada di Provinsi Papua, Pemerintah Daerah Provinsi (Pemdaprov) Jawa Barat mengirimkan tim untuk membantu warga Jabar yang barada Papau pasca konflik di Kota Wamena.

Pemdaprov Jawa Barat melalui tim pendahulu dari Dinas Sosial berangkat ke Kota Sentani, Kabupaten Jayapura, Papua, pada Kamis (3/10) lalu.

Tim Dinsos Jabar bertugas untuk mengurus pemulangan pengungsi asal Jabar. Rencananya, tim Dinsos Jabar yang terdiri dari Kepala Bidang Perlindungan dan Jaminan Sosial, Kepala Seksi Penanggulangan Bencana, dan dua orang Taruna Siaga Bencana (Tagana).

Setelah dijemput oleh Dinsos Papua, keempat orang tersebut dijadwalkan ke posko pengungsian di BTN Sentani untuk verifikasi data BNBA (by name by address) pengungsi asal Jabar yang ingin dipulangkan.

“Tim pendahulu dari Dinsos ini untuk memastikan kepada pengungsi warga Jabar untuk bisa pulang,” ujar Kepala Dinsos Provinsi Jabar Dodo Suhendar kepada wartawan, belum lama ini.

Menurutnya, sesuai dengan instruksi Gubernur tim pendahulu ingin memastikan bahwa seluruh warga asal Jabar yang ada di Wamena dalam kondisi sehat dan aman. serta segera memulangkan mereka ke Jawa Barat.

Adapun berdasarkan surat Pengurus Provinsi Papua Forum Komunikasi Masyarakat Tatar Sunda Pangumbaraan yang diterima Dinsos Jabar pada Kamis (3/10), terdapat 48 orang warga Jabar yang mengungsi dengan rincian 40 laki-laki, 3 perempuan, dan 5 anak-anak.

Namun, informasi lain dari Paguyuban Sunda Papua menyebutkan bahwa terdapat sekira 180 orang warga Jabar yang mengungsi di Sentani.

Untuk itu, Dodo akan terus berkoordinasi dengan Kementerian Sosial (Kemensos) untuk memastikan informasi terbaru jumlah warga Jabar yang mengungsi di posko.

“(Dinsos) mencoba koordinasi dengan petugas Kemensos yang sudah berada di sana (Papua) untuk informasi data,” kata Dodo.

Sementara terkait teknis pemulangan warga Jabar dari Kota Sentani, Dodo berujar tim pendahulu yang terdiri dari empat orang tersebut akan berdiskusi setibanya di posko pengungsian.

“Teknis kepulangan akan dibahas di lokasi dan akan diinformasikan lebih dulu kepada Pak Sekda (Penjabat Sekretaris Daerah Provinsi Jabar),” tutur Dodo.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan