Ratusan PNS Mendapatkan Penghargaan dari Presiden

SOREANG – Sebanyak 315 Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan Pemerintah Kabu­paten (Pemkab) Bandung di­anugerahi Satya Lancana Karya Satya dari Presiden Republik Indonesia (RI). Penganugera­han tersebut diberikan langs­ung Bupati Bandung H. Dadang M Naser, pada kegiatan Penye­matan Medali dan Penyam­paian Piagam Penghargaan Satya Lancana Karya Satya Masa Kerja X, XX dan XXX ta­hun di Gedung Mohamad Toha Soreang, Senin (22/4).

Dadang menyampaikan, penghargaan tersebut meru­pakan bentuk apresiasi pe­merintah kepada PNS yang telah mengabdi selama 10, 20 dan 30 tahun atau lebih, serta telah menunjukkan ke­cakapan, kedisiplinan, kese­tiaan dan pengabdiannya.

“Penganugerahan ini me­miliki arti penting, kare­na pengabdian yang diberikan PNS selama ini mendapat penghargaan dari presiden. Selain itu, juga merupakan salah satu wujud pembinaan bagi PNS guna memupuk, mendorong dan meningkat­kan semangat kerja, kedisipli­nan dan kesadaran akan tang­gung jawab sebagai abdi negara,” kata Dadang.

Pada kesempatan tersebut, Dadang menjelaskan seorang PNS dituntut berprilaku yang dapat menjadi suri tauladan bagi masyarakat.

“Sekarang ini, prestasi kerja seorang PNS di lingkungan Pemkab Bandung dapat dini­lai dari dua unsur, yaitu Sasikap (Sabilulungan Sistem Peni­laian Kinerja Pegawai) dan perilaku kerja. Di dalam sasikap termuat rencana kerja atau target yang akan dicapai, serta laporan aktivitas PNS setiap harinya. Sedangkan perilaku kerja yang meliputi Orientasi Pelayanan, Integritas, Komit­men, Disiplin, Kerjasama dan Kepemimpinan,” jelasnya.

Maka dari itu dirinya mengimbau, agar seluruh PNS untuk terus berupaya mening­katkan komitmen, kedisipli­nan dan kinerja dalam men­jalankan roda pembangunan di Kabupaten Bandung.

Melalui kegiatan itu, Dadang juga berharap penghargaan yang diberikan dapat men­jadi motivasi bagi PNS lainnya untuk terus berkarya dalam pengabdian kepada bangsa dan negeri. “Dengan seman­gat sebilulungan, mari kita jadikan Kabupaten Bandung menjadi lebih maju, mandiri dan berdaya saing,” katanya.

Sementara Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Badan Kepega­waian Pendidikan dan Sum­ber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Bandung Erick Juriara Ekananta, menjelaskan, PNS penerima tanda kehor­matan Satya Lancana Karya Satya merupakan PNS yang telah diusulkan pada tahun 2018 lalu.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan