Pusatkan di Disnaker

BANDUNG – Untuk memperingati hari buruh nasional, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat mengumpulkan buruh di satu tempat untuk memperingati May Day.

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Jawa Barat Ade Afriandi mengatakan, pihaknya selalu bersinergis dengan para buruh untuk memperingan May Day nanti.

”Kami merancang sebuah ajang kolaborasi seperti tahun-tahun sebelumnya. Jadi May Day ini milik bersama,” ucap Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Jawa Barat Ade Afriandi saat menghadiri acara temu buruh di Mapolda Jabar, Jalan Soekarno Hatta, Kota Bandung, Jumat (26/4).

Dia mengatakan. pemerintah menyediakan tempat di Kantor Disnakertrans Jabar untuk peringatan May Day. Ditempat tersebut nantinya akan ada sejumlah kegiatan yang bisa dilakukan saat May Day.

Selain itu, Disnakertrans memberikan ruang bersuara kepada para buruh yang mau menyampaikan aspirasinya. Termasuk melakukan teatrikal art bagi para buruh yang memiliki bakat seni.

’’Kalau mau demo art kan mereka punya bakat seni atau apa pun bisa ditampilkan, kita fasilitasi. Lalu demo ku­liner bisa dihadirkan. Semua fasilitas yang ada di kantor kami bisa digunakan,” ujarnya.

Ade menyebutkan, di hala­man kantor Disnakertrans memiliki halaman luas. Se­hingga, bisa disetting sampai empat panggung.

Kendati begitu pihaknya tak memungkiri akan ada kegia­tan buruh di depan Gedung Sate seperti tahun-tahun se­belumnya dengan menyam­paikan aspirasinya.

’’Sebetulnya bukan berdemo, tapi karena sudah ciri khas nanti melewati Gedung Sate lalu lanjut ke Disnakertrans. Kumpul di Disnakertrans,” tuturnya.

Pihaknya mengimbau agar para buruh merayakan May Day tetap berada di Jabar dan tidak perlu untuk bergabung melaksanakan May Day di Jakarta.

”Yang kami pahami juga serikat pekerja ada level ka­bupaten, provinsi dan pusat. Nah teman-teman di pusat keinginannya ketemu di pu­sat. Tapi teman-teman pro­vinsi dan kabupaten menya­dari kalau ke Jakarta tidak semudah membalikkan tela­pak tangan. Itu jadi per­timbangan. Ya kita di Jabar sama-sama merayakan di Jabar lah,” kata dia.

Sementara itu, ditengah proses pemilu 2019 yang masih berlangsung, jajaran Polri dan TNI di Jabar ber­harap situasi hari buruh juga berjalan aman dan kon­dusif.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan