Puluhan Ribu Warga Cimahi Tergolong Miskin

”Untuk mengentaskan kemiskinan ini, tidak bisa diselesaikan oleh Dinsos saja. Melainkan butuh sinergitas dengan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lainnya di lingkungan Pemkot Cimahi,” katanya.

Dia menyebutkan, beberapa OPD yang harus bisa bersinergi diantaranya, Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi Sosial (Disnakertransos), Dinas Pendidikan, Dinas Kesehatan, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Cimahi dan sebagainya.

”Khusus di bidang sosial, kami masih menyalurkan Beras Sejahtera Daerah (Rastrada) bagi penerima. Kemudian mengoptimalisasikan Pusat Kesehatan Sosial (Puskesos) dan Sistem Layanan Rujukan Terpada (SLRT). Kami juga menyediakan SDM pekerja sosial profesional, tenaga kesejahteraan sosial, dan relawan sosial,” jelasnya.

Dia berharap, khusus dalam moment peringatan Hari Pengentasan Kemiskinan Sedunia ini, ke depan ada pemberian kesempatan bagi masyarakat miskin untuk memunculkan potensi yang dimiliki dan memanfaatkan sistem sumber yang tersedia di sekitar lingkungan masyarakat.

”Dan perlunya penjangkauan akses untuk memenuhi kebutuhan masyarakat,” pungkasnya.(mg3/ziz)

SULIT PEKERJAAN: Sejauh ini sulitnya mencari pekerjan membuat warga Cimahi tidak mempunyai mata pencaharian tetap. Akibatnya, puluhan ribu masyarakat Cimahi tergolong miskin.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan