Proses Sorlip Masih Belum Bisa Capai Target

CIMAHI – Sejak awal pelaks­anaan sortir lipat (sorlip) surat suara untuk Pemilihan Umum (Pemilu) 2019, Ko­misi Pemilihan Umum (KPU) Kota Cimahi selalu gagal memenuhi jumlah yang di­targetkan.

Bahkan, kesulitan mencapai target diperkirakan akan terus terjadi, pasalnya, setiap hari petugas sorlip yang datang bekerja selalu kurang dari jumlah seluruh petugas.

KPU Kota Cimahi sendiri mengaku ada sebanyak 200 hingga 250 orang yang men­jadi petugas sorlip, namun pada kenyataannya pada hari pertama petugas yang datang hanya 174 orang dan hari kedua 153 orang. Semen­tara untuk hari ketiga hanya 167 orang dan hari keempat hanya 180 orang.

Sedangkan KPU sendiri me­nargetkan setiap petugas bisa melakukan sortir lipat sebanyak 1500 surat suara per hari, namun setiap harinya mereka rata-rata hanya men­capai 1000 surat suara saja.

Menurut Ketua KPU Kota Cimahi, Mochammad Irman, tidak tercapainya jumlah tar­get tersebut karena para pe­tugas sorlip masih beradap­tasi dan belum terbiasa dengan pekerjaannya, terlebih ada surat suara yang ukurannya sangat lebar.

”Untuk sekarang targetnya masih belum tercapai, paling rata-rata per hari mereka ha­nya bisa melakukan sortir lipat suara 1000 dari target 1500 surat suara,” ujarnya di Sekretariat KPU, Jalan Pesan­tren, Kota Cimahi, Senin (18/3)

Pelaksanaan sorlip surat suara di Kota Cimahi sendiri, hingga saat ini baru berjalan selama 4 hari dan petugas sorlip tersebut bekerja sejak pukul 07.00 WIB hingga sele­sai dengan total yang harus disorlip sebanyak 1.557. 865 surat suara.

”Apalagi pelaksanaan sorlip pada hari pertama (Jumat) banyak waktu yang terbuang karena untuk awal kita kasih arahan dulu. Jadi hasil sorlip­nya hanya sedikit,” kata Irman.

Namun, pihaknya optimis pelipatan surat suara yang di­kerjakan kurang lebih oleh 200 petugas itu, akan selesai hing­ga 15 atau 20 hari kedepan atau sebelum pelaksanaan Pemilu 2019 yang akan dilaksanakan pada 17 April mendatang.

”Karena nanti kedepan me­reka akan terbiasa, jadi ker­janya bisa cepat. Kalau seka­rang kan belum belum ter­biasa, tapi kalau yang sudah terbiasa bisa mencapai 1000 lebih,” ucapnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan