Progres Pembangunan IPA Cikalong Sudah 77 Persen

BANDUNG – Kendati pembangunan Instalasi Pengolahan Air (IPA) Cikalong tertunda namun Direktur Utama Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirtawening Kota Bandung Sonny Salimi mengaku mengupayakan akhir tahun ini rampung sesuai rencana.

“Progres pembangunan IPA Cikalong yang 700 liter perdetik itu sekarang sudah 77 persen,” jelas Sonny dikantornya, Sabtu (18/4/2019).

Pembangunan sendiri tertunda kata Sonny karena sampai waktu yang ditetapkan ternyata pihak ketiga (kontraktor proyek tersebut) PT Karaga Indonusa Pratama tidak bisa memenuhi kewajibannya maka PDAM pun melakukan pemutusan kontrak.

“Sekitar bulan Februari an kita putus, tidak tahu alasan apa hanya pekerjaan belum rampung. Makanya sekarang sedang kita audit persiapan lelang sisa hasil pekerjaan sekitar 23 persen lagi ya,” terang Sonny seraya menegaskan bahwa proyek tersebut sudah berjalan sesuai prosedur bahkan pelaksanaannya sudah melalui tender terbuka unit layanan pengadaan (ULP).

Diakuinya juga dari awal tender yang mendaftar hanya dua perusahaan, begitupun saat di ulang lagi hanya dua pendaftar kemudian dilanjutkan hingga mendapatkan satu pemenang. Namun dalam perjalanan pemenang tersebut tidak dapat memenuhi kewajibannya sehingga diputus kontrak.

Sonny sangat berharap pembangunan IPA Cikalong tetap berjalan karena IPA tersebut kelak bisa mengaliri kebutuhan sistem pengolahan air minum (SPAM) Gedebage atau bagi 50 ribu pelanggan PDAM.

Lanjutnya selain sesuai prosedur, proyek tersebut juga didampingi Tim Pengawalan, Pengamanan Pemerintahan, dan Pembangunan Pusat-Daerah (TP4D) Kejati Jabar, Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang Jasa Pemerintah (LKPP) dan Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP), sehingga tidak mungkin jika ada hal-hal menyimpang semisal pungli dan lainnya.

“Saya tidak mau bermain-main untuk pekerjaan yang bersinggungan dengan kepentingan masyarakat, jangan kan yang nilainya besar yang kecilpun saya tidak mau,” tuturnya.

Untuk nilai kontrak proyek tersebut senilai Rp 63 miliar, seharusnya selesai Januari 2019 sesuai perjanjian satu tahun sejak Januari 2018. Dan untuk pekerjaan itu, PDAM kata Sonny telah melakukan pembayaran sebesar 65 persen nya dalam dua termin, sedang termin berikutnya sedang dalam tahap penyelesaian atau tahap audit.

Saat ini di IPA Cikalong yang sudah dibangun yakni instalasi bak presedimentasi, pipa transmisi yang sudah tersambung dari inti ke instalasi, sebagian instalasi pengolahan dan sebagian gedung kantor.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan