Pramuka Tanam Seribu Pohon di Buper IP Saguling

NGAMPRAH– Bumi Perkemahan (Buper) Indonesia Power Saguling (IPS), Desa Baranangsiang Kecamatan Cipongkor Kabupaten Bandung Barat (KBB) menjadi lokasi penanaman seribu pohon yang dilakukan oleh anggota pramuka dari seluruh Nusantara pada Rabu (20/11).

Aksi penanaman pohon tersebut merupakan rangkaian kegiatan anggota pramuka peserta Perkemahan Bakti Saka Kalpataru dan Saka Wanabakti (Pertikawan) Nasional Tahun 2019 yang diselenggarakan Kwartir Nasional (Kwarnas) bekerjasama Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) sebagai bentuk peduli terhadap lingkungan.

“Ini merupakan aksi sosial serta peduli terhadap lingkungan dari kegiatan Pertikawan. Selain beberapa kegiatan lainnya selama berada di subcamp,” kata Kabag Program dan Evaluasi Sepdikjen Panalogi Kehutanan dan Tata Lingkungan pada Kementerian Hidup dan Lingkungan, Tryono Saputro disela-sela gerakan menanam pohon, kemarin.

Aksi tersebut juga, sambung Tryono, bukan hanya sebatas seremonial saja. Namun ke depan dia berharap Kwarcab KBB bisa memeliharanya sehingga lingkungan di sekitar Buper IP ini menjadi teduh dengan banyaknya pohon yang berdiri.

“Sebagian tanaman tersebut bisa dimanfaatkan, karena di antaranya terdapat tanaman berbuah. Lumayan kan kalau berbuah, bisa dinikmati hasilnya,” ucap Tryono.

Tryono menambahkan, sebanyak 177 orang hadir dalam acara Pertikawan tersebut termasuk pendamping dari Panalogi. Mereka bermalam di Buper IPS hanya semalam saja.

“Kegiatannya selama dua hari semalam. Mulai Rabu (20/11) dan Kamis, (21/11). Besok sepulang dari Buper, agendanya refreshing ke Ciwalk (Cihampelas Walk Kota Bandung),” kata Tryono disela-sela penyambutan anggota pramuka dari Saka Wanabakti dan Saka Kalpataru Kwarnas Gerakan Pramuka Pusat di Gedung Serbaguna PT IP Kampung Cioray.

Kunjungan pertama rombongan anggota pramuka tersebut ke PT IP, diterima oleh manajemen IP yang diwakili Manajer Administrasi Sentot Kristanto. Dari Kwarcab Gerakan Pramuka KBB dihadiri Ketua Harian H. Anwar Sadeli dan sejumlah pengurus lainnya.

Selanjutnya peserta Pertikawan ini, diberikan pembekalan materi tentang operasional Waduk Saguling sebagai pembangkit tenaga listrik untuk Jawa Bali.

Dikatakan Tryono, rangkaian kegiatan Pertikawan selama di KBB selain diberikan materi tersebut, mereka juga dibawa Power House PT IP untuk mengetahui operasional tenaga pembangkit listrik tersebut.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan