Polres Cimahi Tinjau Jalur Mudik Padalarang

NGAMPRAH– Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Ci­mahi melakukan berbagai persiapan, mulai dari rapat internal, rapat lintas sektoral dan pengecekan jalur yang nantinya akan dilalui oleh para pemudik menjelang arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1440 Hijriah.

Kasatlantas Polres Cimahi, AKP Suharto menyebutkan, kesiapan secara umum jalan-jalan baik yang berstatus Na­sional, Provinsi, dan Kabu­paten di wilayah hukum Polres Cimahi sudah 90 per­sen dalam kondisi bagus dan siap untuk dilalui para pe­mudik.

“Untuk jalur alteri, pertama melalui jalur Cipatat sampai Cibeureum. Kedua dari jalur perbatasan Purwakarta, Pa­dalarang sampai Cibeureum. Secara umum siap diguna­kan,” ujar Suharto saat mela­kukan pengecekan jalur di Jalan Raya Padalarang, Se­lasa (21/5).

Jalur di Kabupaten Bandung Barat khususnya yang melin­tasi Padalarang, kata Suharto, tentunya akan banyak dilalui kendaraan para pemudik. “Roda empat secara umum melewati jalan Tol mulai dari kilometer 100-130. Kami sudah melakukan pengecekan dan koordinasi dengan Jasa Marga, sekarang ada perbai­kan di beberapa titik di jalan Tol, H-10 sudah siap dilalui,” terangnya.

Terkait jalur alternatif, lanjut dia, pihaknya menyiapkan mulai dari Simpang Tiga Ci­mareme, Kec. Ngamprah menuju arah Cangkorah, Ba­tujajar kemudian ke Cimindi, Kota Cimahi. “Di jalur alter­natif tersebut ada sedikit, kerusakan tapi masih bisa dilalui. Itu jalur Provinsi. Bisa digunakan apabila di jalur utama menuju Kota Cimahi padat. Roda dua bisa diara­hkan ke sana dan rambu-rambunya sudah disiapkan,” ujarnya.

Selain itu, Polres Cimahi pun menyiapkan beberapa titik pos, baik pelayanan, pengaman dan pos gatur. Untuk pos pengamanan berada di tiga lokasi, yakni di perbatasan Cianjur-Cipatat, jalur Lembang dan perbatasan Kota Cimahi- Kota Bandung.

“Pos pelayanan ada dua di tempat-tempat sentra bisnis maupun keramaian masyara­kat, yaitu satu di Tagog Pada­larang dan satu di Alun-alun Cimahi. Dan tergelar 100 lebih pos gatur untuk mengantisi­pasi kepadatan arus lalu lin­tas,” sebutnya.

Dirinya menambahkan, se­lama Operasi Ketupat 2019 yang akan dilaksanakan mu­lai 29 Mei hingga 10 Juni men­datang, Polres Cimahi meny­iagakan 723 personel dan personel gabungan dari ber­bagai instansi sebanyak 1.000 personel. (drx)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan