Polres Bandung Menjaring 13.980 Pelanggar Selama OPL 2019

SOREANG – Satlantas Polres Bandung mencatat sebanyak 13.980 berkas pelanggaran lalu lintas selama dua pekan pelaksanaan Operasi Patuh Lodaya 2019 berlangsung.

Kasat Lantas Polres Bandung, AKP Hasby Ristama melalui KBO Lantas Polres Bandung IPTU Kiki Hartaki mengatakan dari 13.980 berkas, pelanggaran lalu lintas masih didominasi oleh kasus pengendara roda dua yang tidak menggunakan helm dan melawan arus.

“Di wilayah hukum Polres Bandung ini masih dominan sekali pelanggaran lalu lintas tidak menggunakan helm dan melawan arus, yang melawan arus kebanyakan terjadi di Rancaekek, di sana memang menjadi atensi kami,” ungkap Kiki saat di konfirmasi, Rabu (11/9).

Menurutnya, selain dua pelanggaran yang dominan itu, Polres Bandung juga masih menemukan banyak pengendara kendaraan bermotor yang usianya masih dibawah umur. Mereka diketahui masih dibawah umur saat polisi meminta pengendara menunjukkan surat-surat kelengkapan kendaraannya.

“Masih banyak yang nekat berkendara tapi tidak memiliki SIM. Ini karena mereka masih banyak yang dibawah umur saat kami berhentikan dan minta untuk menunjukkan surat-surat kelengkapannya, mereka tidak memiliki SIM,”kata Kiki.

Kiki juga menjelaskan, dari angka puluhan ribu tersebut, didominan oleh kendaraan motor sekitar 70 persen dan mobil sekitar 30 persen. Sedangka kendaraan mobil pelanggarannya paling banyak tidak menggunakan sabuk pengan, tidak memiliki SIM dan menerobos lampu merah.

Dia mengimbau kepada masyarakat, dengan berhentinya operasi patuh Lodaya ini, masyarakat harus tetap mentaati peraturan lalu lintas. Selain itu ia juga mengingatkan agar pengendara untuk lebih mengutamakan keselamatan diri sendiri dan pengendara lain saat berkendara.

“Gunakan helm, baik yang membonceng tau yang dibonceng. Jangan kebut-kebutan, jangan melawan arus. Ini yang penting. Kami melakukan penindakkan karena kami peduli kepada masyarakat. Tujuannya kami tidak ingin hal-hal yang tidak diinginkan terjadi,” pungkasnya (yul/rus)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan