Polres Bandung Gelar Rakor Pengamanan Hari Raya Idul Fitri

SOREANG – Dalam rangka pengamanan pada Hari Raya Idul fitri 1440 H. Polres Bandung menggelar rapat Koordinasi (Rakor) Lintas Sektoral OPS ketupat Lodaya 2019.

Kapolres Bandung AKBP Indra Hermawan menga­takan, tujuan rakor untuk merencanakan operasi lo­daya 2019, apakah semua kesiapan sudah menjadi evaluasi. Menurutnya yang menjadi perhatian saat ini masih pada kemacetan, karena liburan saat ini ber­barengan waktunya antara operasi ketupat dengan operasi matabrata.

”Ini menjadi fokus kita bagaimana 2 operasi ini bisa berjalan dengan baik dan situasi aman dan kon­dusif di kabupaten Bandung,” Jelas Indra saat ditemui usai Rakor di Ma­polres Bandung, rabu (15/5)

Menurutnya, yang men­jadi evaluasi tahun kemarin kekurangannya setelah di­lihat bahwa masih ada ke­macetan, khususnya yang di luar prediksi pada saat hari H dan untuk mudik lokal saat lebaran nanti.

”Hal ini menjadi antisi­pasi, kita juga pada hari H akan gelar pasukan, pasal­nya menurut prediksi akan terjadi kemacetan, karena sama waktunya liburnya cukup panjang antara se­belum lebaran sampai dengan hari H, kemudian pendek waktunya pada saat setelah lebaran sampai dengan hari mulanya be­kerja,” jelasnya.

Menurut Indra, pihaknya akan menerapkan rekayasa lalu lintas di kilometer (km) 148 Tol Padalarang-Cileunyi (Padaleunyi) untuk mengurai arus kendaraan jika kemace­tan di pintu Tol Cileunyi.

”Km 148 tersebut akan dila­kukan rekayasa lalu lintas jika arus kendaraan di pintu Tol Cileunyi tidak mampu menampung kendaraan, pe­tugas akan membuka jalan keluar di Km 148,” akunya.

Lebih lanjut menjelaskan, untuk memastikan para pemudik mengetahui jalur alternative Polres Bandung akan memasang plang penunjuk rute alternatif di setiap persimpangan, di­mulai dari kilometer 148 Tol Cileunyi, dan setiap persimpangan yang mela­lui jalur Majalaya, Cijapati hingga Kadungora, Garut.

”Berdasarkan hasil pan­tauan, jalur alternatif menu­ju Garut dan Tasik yang melalui jalur Gedebage, Sapan, Majalaya, Cijapati hingga ke Kadungora Garut terpantau cukup aman. Hampir seluruh jalan mulus, tidak bergelom­bang, dan tidak ada jalan berlubang. Bahkan bus dan truk juga bisa melalui jalur tersebut,” katanya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan