PKK Harus Mampu Wujudkan Keluarga Berkualitas

BANDUNG– Ketua Tim Penggerak Pembina Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kota Bandung, Siti Muntamah Oded memastikan di Kota Bandung program PKK Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (PKK KKBPK) menjadi prioritas yang terintregrasi untuk mewujudkan kesehatan dan kesejahteraan keluarga.

Hal itu ia ungkapkan saat dirinya menerima tim Penilai Kesatuan Gerak PKK KKBPK di kantor PKK Kota Bandung Jalan Sukabumi, Selasa (19/11).

“Program ini memadukan berbagai unsur untuk mewujudkan kesehatan dan kesejahteraan keluarga,” papar Umi, sapaan akrabnya.

Umi menjelaskan, dalam program tersebut, perempuan memiliki banyak tugas dan peran strategis. Perempuan mampu menjaga ketahanan keluarga dan menciptakan generasi yang berkualitas.

“Perempuan memiliki banyak peran dalam membentuk sebuah karakter. Banyak manusia hebat lahir dari rahim yang hebat pula,” ujar Umi.

Menurutnya, dalam membentuk ketahanan keluarga yang berkualitas harus dibarengi dengan iman dan pengetahuan ilmu yang memadai. Sehingga keturunannya akan menjadi manusia yang pintar dan berakhlak baik.

“Banyak cara dalam membentuk ketahanan keluarga. Seperti kehangatan dalam menciptakan kebahagiaan keluarga. Melalui sentuhan kasih sayang ibu yang salihah akan melahirkan keturunan yang hebat dan berakhlak baik. Oleh karenanya, kita harus terus belajar dan banyak membaca,” tuturnya.

Umi berharap acara recheking tersebut dapat meningkatkan motivasi Kader PKK di Kewilayahan di Kota Bandung untuk terus menggiatkan dan meningkatkan perbaikan kualitas hidup keluarga.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kota Bandung Ema Sumarna Sekretaris Daerah Kota Bandung juga menerima kunjungan tim Recheking Kesatuan Gerak (Kesrak) PKK-KB Kesehatan Provinsi Jawa Barat yang dipimpin oleh Euis Sutrisno di Kantor Kecamatan Ujungberung Kota Bandung, Selasa (19/11).

Dalam sambutannya, Ema mengapresiasi inovasi dan kegiatan para Kader PKK KB RW 07 Kelurahan Pasir Wangi Kecamatan Ujungberung.

“Keberhasilan Program KB, RW ODF (Open Defecation Free) atau Rw yang tidak buang hajat sembarangan, koperasi RW, program Kang Pisman dan berbagai hal lainnya, terbukti meningkatkan taraf kehidupan warga di Kelurahan Pasirwangi” tutur Ema.

Ema Optimis Kelurahan KB di Pasir Wangi mampu memenuhi kriteria lomba yang dilaksanakan, Mulai dari lomba keluarga berencana, lomba Bersih dan sehat, Lomba Pola hidup bersih dan Sehat. (rls/drx)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan