Perumda Tirta Raharja Siagakan Petugas di Momen Libur Tahun Baru

NGAMPRAH– Menghadapi libur akhir tahun, Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Air Minum Tirta Raharja Kabupaten Bandung, terus meningkatkan pelayanan kepada pelanggan di tiga wilayah dengan jumlah total mencapai 101.743 sambungan rumah (SR) agar bisa berjalan optimal. Untuk diketahui, saat ini wilayah pelayanan utara sebanyak 27.373 SR, wilayah pelayanan selatan 32.748 SR dan wilayah pelayanan timur sebanyak 41.622 SR.

Manajer Junior Humas dan Sekretariat Perumda Air Minum Tirta Raharja, Sri Hartati menuturkan, untuk memaksimalkan pelayanan jelang akhir tahun ini, pihaknya menerapkan sistem piket yang ada di bagian pelayanan, distribusi dan produksi.

“Untuk akhir tahun ini, kita siapkan petugas piket agar terus memantau kondisi air di lapangan serta menjamin distribusi air tetap aman bagi pelanggan. Kondisi debit air baku untuk layanan Kabupaten Bandung Barat dan Cimahi, sudah kembali normal. Di wilayah timur juga pelayanan kepada pelanggan tidak mengalami penurunan debit air,” ujar Sri, Jumat (27/12).

Sedangkan untuk pelayanan kepada pelanggan di wilayah selatan, kata Sri, saat ini masih mengalami penurunan debit air baku. Untuk mengantisipasi dampak penurunan debit tersebut, pihaknya melakukan penjadwalan rekayasa pendistribusian air dan penanggulangan air bersih melalui mobilisasi tangki air.

“Langkah-langkah yang kami lakukan untuk mengantisipasi pelayanan pada akhir tahun ini, yaitu mengantisipasi kebocoran pipa dengan menyediakan aksesoris untuk kebocoran dari berbagai diameter pipa serta mobilisasi armada tangki air kepada pelanggan yang membutuhkan pascamusim kemarau,” terangnya.

Sri menambahkan, Perumda pun terus berupaya menjaga kualitas air dengan memerintahkan petugas teknik dan administrasi secara rutin untuk melakukan pemeliharaan jaringan pipa yang sudah melampaui batas usia teknis. “Kemudian menjaga tekanan jaringan pipa agar tetap aman dan pembersihan pada instalasi pengolahan air,” katanya.

Dirinya mengimbau kepada pelanggan Perumda Air Minum Tirta Raharja yang ada di tiga wilayah pelayanan, untuk menggunakan air sesuai kebutuhan, menampung air apabila air masih mengalir serta menutup kran air pada saat digunakan, karena setetes air bersih sangat berarti untuk kehidupan. (drx)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan