Pertikawan 2019, Wujudkan Generasi Milenial Cinta Lingkungan

NGAMPRAH– Dektorat Jenderal Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan pada Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bandung Barat dan PT Pembangkitan Jawa Bali menyelenggarakan kegiatan Subcamp Cirata sebagi bagian kegiatan Pertikawan (Perkemahan Bhakti Saka Kalpataru dan Saka Wanabakti) Nasional 2019.

Subcamp diikuti 250 peserta terdiri dari 191 peserta Pertikawan (Perkemahan Bhakti Saka Kalpataru dan Saka Wanabakti) Nasional 2019, Pengurus Kwartir Cabang Bandung Barat, Dewan Kerja Cabang Bandung Barat, Dewa Kerja Ranting Cipeundeuy, Dewan Kerja Ranting Cikalong Wetan, pegawai PJB/BPWC serta pegawai Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Mengusung tema “Generasi Milenial Cinta Lingkungan (Gemilang), Peduli, Responsif, dan Kontributif”, subcamp dilaksanakan di Waduk Cirata Eco Tourism selama dua hari, Jumat (22/11) sampai Sabtu (23/11).

Pembukaan subcamp ditandai serah terima peserta dari panitia main camp kepada  Ketua Subcamp Cirata yang juga Kepala Badan Pengelola Waduk Cirata (BPWC), Wawan Darmawan.

Selama berada di Sub camp Cirata, peserta mendapat kesempatan langka karena dapat mengunjungi obyek vital nasional. Peserta mendapatkan pengalaman  berharga untuk mengunjungi DCC Cirata, PLTS, agro forestry dan power house, bahkan mendapatkan pengalaman berjalan di dalam tunnel bawah tanah.

Subcamp Pertikawan 2019 diisi acara Jumpa Tokoh dan Ngobrol Pintar (Ngopi). Jumpa tokoh yang digelar Jumat malam menghadirkan narasumber Direktur Jenderal Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan, Karliansyah, Ketua DPRD Kabupaten Bandung Barat Rismanto, Kepala Dinas Lingkungan Hidup KBB Apung Hadiat, dan Dirut PT PJB Iwan Agung Firstantara. Acara Ngopi (Ngobrol Pintar) menghadirkan Vania Fitryani Herlambang (Puteri Indonesia Lingkungan Tahuan 2018 dan SDG’s Ambassador), Tiara Maharani (Publik Policy and Government Relations Specialist Bukalapak.com), dan Donni Renaldi (Co-Fonder moretrash.id).

Acara Jumpa Tokoh dikemas dalam konsep diskusi dan pemaparan terkait keahlian dan latar belakang tokoh yang menjadi narasumber. Sedangkan pada acara Ngopi, peserta mendapatkan informasi dan kiat sukses dari para narasumber serta diskusi implementasi ecolifestyle dan giat entrepreneurship.

Melalui kedua acara ini, peserta diharapkan mendapatkan pengetahuan dan pengalaman kisah sukes yang memberikan inspirasi untuk menjadi insan yang mandiri, cerdas, dan berprestasi.

Tinggalkan Balasan