Persib Lolos Lisensi AFC di 2019

BANDUNG– Klub Persib Bandung menjadi salah satu klub Liga 1 yang lolos lisensi Asian Football Confederation (AFC) di tahun 2019 sebagai­mana yang diumumkan oleh Club Licensing Committee (CLC) PSSI dalam pleno yang digelar di GoWork fx Sudirman Lt.7, Selasa 8 Oktober 2019 lalu.

Predikat yang diraih Persib tersebut tak terlepas dari pe­nilaian dan evaluasi atas lima kriteria utama. Yakni, Sporting, Infrastructure, Personnel & Administration, Legal, dan Fi­nance.

Dari seluruh proses yang ditempuh, Persib berhasil mendapatkan status “Granted” alias lolos verifikasi.

Dengan kata lain, skuad Pangeran Biru resmi dinobat­kan sebagai klub sepakbola profesional dan bisa berpar­tisipasi di kompetisi Interna­sional yang diselenggarakan oleh Asian Football Confede­ration (AFC) di musim men­datang.

“Harapannya dengan adanya standar ini, klub sepak bola profesional di Indonesia me­miliki referensi untuk standar kualitas manajemen klub yang selalu menjadi prioritas dalam pengembangan sepakbola modern baik dari AFC maupun PSSI,” ujar Timmy Setiawan selaku Chairperson dari Club Licensing Committee seper­ti dilansir melalui laman resmi PSSI, www.pssi.org.

Selain Persib, terdapat lima klub lainnya yang meraih status “Granted”. Mereka ada­lah Arema FC, Persebaya Surabaya, Persija Jakarta, Persipura Jayapura, dan PSM Makassar.

Sedangkan Bali United dan Bhayangkara FC hanya mam­pu lolos dengan status “Gran­ ted with sanction” atau lolos bersyarat. Kedua klub itu ma­sih harus melengkapi sejum­lah kekurangan. (bbs/drx)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan