Pernyataan Soal Citarum Terus Bergulir

BANDUNG – Adanya Pernyataan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (Emil) selaku Komandan Satuan Tugas (Dansatgas) Citarum Harum yang menyebut Program Citarum Harum tidak kompak menyulut polemik dan reaksi berbagai elemen yang selama ini telah bekerja keras untuk Citarum Harum.

Reaksi muncul diantaranya dari Dewan Pengawas Yayasan Citarum Harum Dini Dewi Heniarti, Ketua Gerakan Relawan Hejo Eka Santosa yang menyesalkan ada statement tersebut dari seorang Kepala Daerah.

Emil sendiri menilai kegagalan tersebut adalah hal kepemimpinan,  sehingga mereka yang menjalankan program itu tidak kompak. Kendati saat itu diakuinya sebagai Dansatgas Citarum Harum dirinya akan mulai menyinergikan program tersebut dengan berbagai kalangan.

Salah satu reaksi keras juga muncul dari Direktur Hubungan Masyarakat (Dir Humas) Peduli Lingkungan Jabar (Pelija) Ujang Fahpulwaton yang menyebut pernyataan itu sangat sepihak dan terkesan tidak bijak dalam menghargai jasa dan kerja keras  orang lain.

“Sebagai Gubernur seharusnya lebih berhati-hati dalam menyikapi dan mengambil sebuah kesimpulan. Jangan sampai menyakiti orang lain, karena sebagai Kepala Daerah harus memunculkan diksi  yang lebih mengarah pada optimisme, harapan pada masyarakat bukan malah memunculkan polemik, ” kata dia.

“Kita bisa lihat, Prajurit TNI fokuskan pada Citarum hingga tiap sektor. Ditambah partisipasi masyarakat dan keterlibatan pihak-pihak lainnya, sampah-sampah yang dulu teronggok di Sungai Citarum kini dibeberapa tempat mulai tampak bersih, ” paparnya.

Jadi jika program Citarum Harum dinilai belum maksimal, itu saya setuju. Tetapi bila dikatakan program Citarum Harum gagal, itu sama artinya tidak ada hasilnya. Bila dimaknai semua yang dilakukan untuk Citarum bisa dikatakan mubazir.

Justru dirinya mempertanyakan parameter Gubernur yang menilai Citarum Harum gagal. Sebab payung hukum penanganan revitalisasi sudah jelas ada pada Perpres Nomor 15 tahun 2018.

Sementara itu, penggiat lingkungan Gerakan Terbuka Bersama Masarakat Jawa Barat Dedi Gusdiar pernyataan Gubernur sangatlah prematur, tidak memiliki ukuran. Sebab, dalam konteks anggaran, sangat mengusik para pegiat lingkungan, serta seluruh komponen masyarakat yang sudah bahu membahu turun ke Sungai Citarum secara mandiri.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan