Peringatan Hari Jadi di Pusatkan di Area Pemkab

NGAMPARAH – Keinginan Bupati Bandung Barat, Aa Umbara Sutisna untuk meng­gelar Hari Jadi ke-12 Kabu­paten Bandung Barat yang jatuh pada 19 Juni mendatang di Bumi Perkemahan (Buper) Indonesia Power (IP) di Ke­camatan Cipongkor gagal digelar.

Dalam sambutannya, Um­bara memilih melaksanakan peringatan Hari Jadi KBB se­kaligus paripurna DPRD dilaksanakan di Pemkab Bandung Barat seperti pelaks­anaan tahun sebelumnya.

“Amanat dari pak bupati di dalam upacara seperti itu. Semua kegiatan pelaksanaan hari jadi dilaksanakan di pem­kab,” kata Sekda Bandung Barat, Asep Sodikin, Senin (27/5).

Asep menyebutkan, alasan gagal di lokasi tersebut lan­taran Buper IP Saguling mer­upakan objek vital yang tidak mengizinkan ada keramaian di lokasi tersebut. “Jadi kalau upacara saja tidak mau pak bupati. Sehingga acara sere­monial bazar, hiburan dan lain sebagainya pun akan disatukan,” katanya.

Termasuk, kata Asep, event yang bakal dilaksanakan oleh Wakil Bupati KBB, Hengki Kurniawan bakal ditarik ke area Pemkab. “Tapi itu akan kami komunikasikan dulu dengan pak wakil,” ungkapnya.

Sebelumnya, peringatan Hari Jadi Kabupaten Bandung Barat akan berbeda dengan peringatan-peringatan tahun sebelumnya. Kali ini, gebyar peringatannya akan diselen­ggarakan di sakitar Bumi Per­kemahan (Buper) Indonesia Power Saguling (IPS) Desa Baranangsiang Kecamatan Cipongkor.

Menurut Bupati Bandung Barat Aa Umbara Sutisna, selama ini peringatan Hari Jadi KBB diselenggarakan di sekitar Komplek Perkantoran KBB saja, seperti di Kecama­tan Padalarang, Ngamprah saja. Gebyar pesta Hari Jadi KBB tersebut, terkesan hanya dinikmati oleh birokrat saja.

Sementara warga wilayah selatan seperti Kecamatan Rongga, Gununghalu, Cipong­kor, Sindangkerta, Cililin nyaris tidak diberi kesempa­tan ikut menikmati hari lahi­rnya daerah pemekaran Ka­bupaten Bandung tersebut. Bahkan tidak sedikit warga yang belum mengetahui kapan hari lahir KBB.

“Saya ingin ke depan masy­arakat KBB, tidak hanya spon­tan memperingati Hari Ke­merdekaan RI saja. Tapi Hari Jadi KBB juga, bisa gebyar mereka peringati,” ujarnya, usai menerima kunjungan Manajemen PT Indonesia Power di ruang rapat bupati beberapa waktu lalu. (drx)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan