Percepat Layanan Adminduk Melalui Sistem Digitalisasi

NGAMPRAH– Untuk memudahkan layanan lebih cepat terhadap administrasi kependudukan (adminduk) bagi masyarakat, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Bandung Barat terus berinovasi dengan metode digitalisasi yakni dengan perbaikan sistem teknologi.

Hal itu terungkap dalam kegiatan sosialisasi Percepatan Cakupan Akta Catatan Sipil, yang dilaksanakan di Hotel Lembang Asri, belum lama ini.

Salah satu bentuk digitalisasi layanan ini seperti akan diterapkannya Sistem Tanda Tangan Elektronik (TTE) yang sudah dapat dilaksanakan sehingga perlu juga diketahui oleh masyarakat.

Kepala Disdukcapil KBB Wahyu Diguna menjelaskan, di era teknologi seperti saat ini sangat dibutuhkan untuk layanan dengan sistem digitalisasi. “Untuk mempermudah dan mempercepat proses, hingga masyarakat tidak perlu menunggu lama. Sistem ini sudah menjadi ketentuan pusat, dan kami hanya menjalankannya saja,” kata Wahyu.

Selain itu, kata dia, kini masyarakat juga dapat mengakses website milik Disdukcapil untuk kebutuhan pelayanan, sehingga tidak perlu jauh-jauh datang ke kantor Disdukcapil di Perkantoran Pemkab Bandung Barat.

“Di dalam website juga sudah lengkap soal panduan dalam pembuatan adminduk sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Melalui sistem teknologi ini kami berharap tidak ada lagi masyarakat yang harus menunggu lama dan kami ingin lumpat sesuai dengan jargon Bandung Barat Lumpat,” pungkasnya. (drx)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan