Penumpang TMB Diklaim Terus Meningkat

BANDUNG– Hadirnya Trans Metro Bandung (TMB) diklaim semakin diminati oleh masyara­kat sebagai pilihan dalam ber­aktivitas. Hal itu terbukti dengan peningkatan jumlah penumpang yang terjadi setiap hari.

Berdasarkan data BLUD UPT Angkutan Dinas Pehubungan (Dishub) Kota Bandung, hingga Oktober 2019 ini jum­lah rata-rata penumpang di empat koridor TMB perlahan mengalami kenaikan. Grafik setiap koridor pun terus menunjukan tren positif.

Koridor 1 TMB jurusan Ci­biru Cibeureum, pada Janu­ari 2019 tercatat rata-rata penumpang satu unit bus per hari sebanyak 302 penumpang. Hingga Oktober 2019 mening­kat menjadi 360 penumpang per bus setiap harinya.

Di koridor 2, pada Januari 2019 setiap bus mengangkut 308 penumpang setiap hari­nya. Penumpang TMB jurusan Cicaheum-Cibeureum ini meningkat menjadi 360 orang pada Oktober lalu.

Sedangkan di koridor 3, satu unit bus TMB mengang­kut 246 penumpang setiap harinya pada Januari 2019. Pada Oktober lalu, penumpang bus rute Cicaheum-Sarijadi ini meningkat menjadi 278 orang setiap harinya.

TMB di koridor 4 jurusan Antapani-Leuwipanjang, pada Januari 2019 ha­nya mengantar 88 orang per bus setiap harinya. Meningkat menjadi 110 penumpang pada Oktober kemarin.

“Untuk koridor 1 dan ko­ridor 2 ini memang pemi­natnya lebih besar dari pada koridor 3 dan 4,” kata Kepala BLUD UPT Angkutan Dishub Kota Bandung, Yudhiana, Minggu (17/11).

Yudhiana optimistis TMB bisa menjadi transportasi umum andalan di Kota Bandung. Terlebih, Dishub juga baru saja membuka rute baru yaitu koridor 5 jurusan Antapani-St. Hall.

Guna menambah daya tarik penumpang, Yudhi­ana mengaku sedang me­rancang bakal memasang layanan internet gratis atau wifi di bus TMB. Harapan­nya, fasilitas ini bisa men­jadi magnet bagi masyara­kat Kota Bandung

“Kita akan berupaya terus untuk meningkatkan pe­layanan lagi. Kita rencana­nya mau memasang wifi,” pungkasnya. (mg5/drx)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan