Pensiunan Tagih Utang ke Bupati Viral di Medsos

NGAMPRAH– Tagihan hu­tang yang ditujukan untuk Bupati Bandung Barat, Aa Umbara Sutisna kembali viral di media sosial (medsos) dengan munculnya foto sali­nan tagihan utang sejak Kamis (31/10).

Berdasarkan pantauan, foto surat berisi tagihan utang ter­sebut juga beredar di grup Wha­tApp kalangan wartawan. Surat itu ditandatangani pensiunan ASN Dinas PUPR KBB, dengan jabatan terakhir Kabid Pengai­ran Tanwar Sarifudin ST.

Isi surat tersebut berisi ten­tang kronologi terjadinya utang piutang antara Tanwar dan Aa Umbara yang diketik menggunakan komputer dan ditandatangani oleh yang bersangkutan.

Surat tersebut ditujukan langsung kepada Bupati Aa Umbara Sutisna. Tanpa me­nyebut waktu transaksi utang piutang, dalam surat berba­hasa Sunda itu disebutkan Aa umbara memiliki utang ke­pada Tanwar senilai Rp 25 juta.

Pinjaman itu diberikan Tan­war saat menjabat dirinya menjabat sebagai Kepala UPT Pengairan Kecamatan Lembang. “Aa nyebatna nam­but, artosna disanggakeun ka ibu (istri) di bumi (Lembang). (Aa nyebutnya pinjam, uang­nya diberikan ke istri di rumah Lembang),” tulis Tanwar da­lam surat tersebut.

Kemudian Tanwar menulis bahwa Aa Umbara meminjam uang dengan alasan akan pergi ke Jakarta. Uang yang dipinjamkan itu berasal dari utang ke Bank BJB.

Pinjaman itu murni pribadi Aa Umbara dan tidak ada kaitanya dengan proyek. Se­karang Tanwar sudah pen­siun dan membutuhkan uang. Di surat itu juga tertera nomor rekening Bank BJB atas nama Tanwar Sarifudin agar uang pembayaran utang ditransfer ke nomor tersebut.

“Ayeuna abdi atos pensiun, peryogi pisan artos (Sekarang saya sudah pensiun, sangat membutuh uang),” tulis Tan­war.

Saat hal ini dikonfirmasikan, Bupati Bandung Barat Aa Umbara mengaku belum me­nerima fisik surat yang terse­bar dalam foto di media so­sial tersebut.

Dia membuka ruang dan waktu jika pembuat surat ingin menemuinya secara langsung agar duduk persoa­lan lebih jelas dan tidak men­jadi fitnah. Lagi pula jika utang itu benar, kasusnya sudah cukup lama atau saat dirinya menjabat sebagai Ketua DPRD KBB.

Tinggalkan Balasan