Penataan Semi Basemen Pasar Kosambi Terus Digenjot

BANDUNG– Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung terus melakukan pemantauan terhadap pembangunan Pasar Kosambi agar para korban kebakaran bisa segera kembali berjualan di semi basemen.

Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana yang meninjau langsung lokasi pembangunan menyatakan, hadirnya pedagang di semi basemen Pasar Kosambi bisa dibangun kembali berniaga seperti sebelum dilanda musibah kebakaran.

“Saya lebih konsen membahas pedagang berdagang di semi basemen ini,” kata Yana saat proses pengerjaan langsung diselesaikan Pasar Kosambi, Sabtu (23/11).

Oleh karena itu, Yana terus mendorong PD. Pasar Bermartabat untuk pekerjaannya menuntaskan pengerjaan. Sebabnya, jelang akhir tahun diperkirakan akan bertambah.

“Mudah-diminta awal bulan Desember (selesai). Supaya akhir tahun bisa berdagang dan marema (laku),” tuturnya.

Yana cukup mengapresiasi pengerjaan Pasar Kosambi mengapung cukup cepat. Dari peninjauan terakhirnya pada pekan lalu, kini sudah tampak beberapa bagian yang paling beres dan masih tersisa penyempurnaan.

“Ini berproses. Lampu sudah sekian persen dan lantai terpasang. Saya ingin teruskan progres berjalan baik sesuai ‘jadwal’. Menurut teman-teman PD Pasar, komunikasi dengan para pedagang sudah berjalan oke,” terangya.

Sementara itu, Pejabat Sementara (Pjs) Direktur Utama PD. Pasar Bermartabat, Lusi Lesminingwati menambahkan, perkembangan pengerjaan semi basemen Pasar Kosambi kini telah mencapai 90 persen. Diharapkan dapat diselesaikan pada awal Desember mendatang.

“Sekarang yang diselesaikan itu tinggal 10 persen. Hanya tinggal pasang instalasi listrik dan udara,” ucap Lusi.

Seiring pengerjaan yang terus berkembang, diungkapkan, para Pedagang Kaki Lima (PKL) yang sebelumnya tersebar di area luar pasar berbondong-bondong dikumpulkan untuk dipindahkan ikut berjualan di area semi basemen Pasar Kosambi.

Ruang perdagangan, kata Lusi, bertambah menjadi 536 ruang dagang. Eksisting pedagang sebanyak 173 orang. Di luar terdata 261 PKL. “Terakhir itu 140 PKL sudah daftar dan sampai hari ini diminta terus bertambah,” pungkasnya. (mg2/drx)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan