Pemutaran Film Kucumbu Tubuh Indahku Dilarang Ormas

JAKARTA – Film garapan Garin Nugroho, Kuncumu Tubuh Indahku kembali menuai protes. Kali ini organisasi kemasyarakata (ormas) FPI Semarang, menolak pemutaran film yang mendaptakan penghargaan dari beberapa negara itu.

Film ini sebelumnya diprotes di dunia maya melalui laman Change.org. Ada dua petisi yang menolak penayaran film itu karena dianggap mendukung LGBT.

Menanggapi penolakan dan pelarangan pemutaran film tersebut, Garin Nugroho menjelaskan, bahwa film tersebut telah lulus sensor. Artinya bisa ditonton secara umum.

“Saya menemui langsung dan menolak dengan tegas permintaan sekelompok ormas atas nama umat Islam untuk menghentikan pemutaran film yang sudah melalui prosedur hukum baik lolos sensor ataupun izin keramaian,” ujar sutradara terkenal itu, kemarin (16/9).

Garin menyesalkan tidakan yang dilakukan ormas. Sebab ormas bukan seperti aparat penegak hukum yang seenaknya melakukan penindakan. “Ini menunjukkan ormas telah keluar dari status hukum, telah menjadi lembaga polisional dan penghakiman jalanan,” kata dia.

Pemerhati film, Teguh Imam menilai kontroversi yang terjadi dalam film Kucumbu Tubuh Indahku ada dua hal, yakni apakah protes murni atas kesadaran menjaga moral atau protes terselubung bagian promosi film.

“Nah, soal pijakan hukum kita punya Lembaga Sensor Film (LSF) yang menjamin film aman dan layak ditonton masyarakat. Mengapa? Karena di LSF ada berbagai unsur perwakilan mulai dari keamanan, guru, rohaniwan, dan lainnya,” ujar Imam kepada Fajar Indonesia Network (FIN), kemarin (16/9).

“Saya berpatokan dengan azas tadi, bahwa semua film yang tayang di bioskop sudah lolos sensor LSF dan layak ditonton. Tidak ada masalah,” pungkas dia.

Kucumbu Tubuh Indahku telah lulus sensor, bahkan dua kali. Pada 13 Desember 2018 ia lulus sensor dengan kategori usia 17+. Awal tahun ini, tepatnya 23 Januari 2019, film yang sama kembali lulus sensor untuk usia 21+ saat tayang di Plaza Indonesia Film Festival.

Film ini juga telah mendaptakan sejumlah penghargaan seperti sepeprti memenangi Bisato D’oro Award dari Venice Independent Film Critic, Italia (2018), meraih penghargaan Film Terbaik di Festival Des 3 Continents, Prancis (2018), juga merebut hati juri Guadalajara International Film Festival di Meksiko (2019).

Tinggalkan Balasan