Pemkot Segera Bangun Gedung Creative Center

CIMAHI – Pemerintah Kota Cimahi melalui Dinas Kebu­dayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disbudpar­pora) akan segera membangun gedung Creative Center.

Rencananya lokasi un­tuk pembangunan tersebut berada di Jalan Aruman Ke­lurahan Cibabat, Kecamatan Cimahi Utara, dekat dengan lahan pembangunan Mall Pelayanan Publik (MPP).

Kepala Disbudparpora Ko­ta Cimahi, Budi Raharja men­gungkapkan, pembangunan gedung yang akan menjadi tempat para seniman ber­kreasi tersebut rencanya akan dimulai pada 2020 mendatang.

”Saat ini sudah dalam tahap membuat Detail Engineering Design (DED),” ungkap Budi, di Komplek Perkantoran Pem­kot Cimahi, Jalan Demang Hardjakusuma, belum lama ini.

Menurutnya, semua ke­wenangan pembangunan gedung tersebut ada di Pro­vinsi Jawa Barat. Sebab, ang­garan untuk pembangunan tersebut berasal dari Disbud­par provinsi Jabar.

”Kita hanya tinggal terima saja, paling ditambah meny­ediakan lahan. Sekarang sudah DED, tapi tidak tahu seperti apa desainnya,” ujar Budi.

Pemilihan lokasi pembangu­nan, kata Budi, sesuai dengan permintaan dari Wali Kota Cimahi, Ajay Muhamad Priat­na. Selain itu, lahan yang memadai hanya berada di daerah tersebut. Namun ka­rena lahan tersebut berada di wilayah Kawasan Bandung Utara (KBU) sehingga mem­butukan waktu untuk perizi­annya.

”Memang lahan yang paling memadai hanya disitu, ling­kungannya juga enak. Tapi memang perizinan penggu­naan lahan KBU juga cukup rumit dan memakan biaya,” terangnya.

Sementara itu, untuk membangun gedung tersebut diperkirakan membutuhkan anggaran hingga Rp 20 miliar.

”Kalau berdasarkan penu­turan pihak Disbudpar Pro­vinsi, diperlukan sekitar Rp20 miliar. Kita tidak tahu untuk apa saja, tapi salah satunya perizinan penggunaan lahan di KBU,” tuturnya.

Rencana pembangunan tersebut disambut baik lan­taran Cimahi tidak memiliki biaya besar untuk pembangu­nan serta kebutuhan gedung yang sudah sangat mendesak.

”Sebetulnya tidak terlalu urgent, tapi memang sangat diperlukan. Selama ini tidak terfasilitasi dengan baik. Bisa mewadahi kegiatan seni dan performansi para seniman dan pemuda di Cimahi,” ujar­nya.

Pada tahun 2020, selain hi­bah gedung Cimahi Creative Center, Disbudparpora Kota Cimahi juga akan menerima bantuan revitalisasi Kampung Wisata Torobosan, di Cipage­ran.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan