Pemkot Gandeng Swasta untuk Penataan PKL Cicadas

BANDUNG – Pemerintah Kota Bandung terus berupaya menggandeng perusahaan untuk menata Pedagang Kaki Lima (PKL) Cicadas. Ha­rapannya, penataan pasar tersebut bisa bersumber dari corporate social responsibi­lity (CSR).

Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana mengatakan, Pemkot Bandung ingin pena­taan PKL Cicadas bisa dilaku­kan tanpa APBD. Sebab, pena­taan PKL ini tidak teranggarkan dalam APBD tahun ini.

“Kita penataan PKL ini ma­sih terus cari partner yang mau (biaya) tenda-tendanya. Ter­nyata CSR di akhir tahun pada sudah nggak ada,” kata Yana di Balai Kota Bandung, Senin (1/7).

Yana mengatakan, pihaknya terus berupaya mencari CSR dari perusahaan sejak akhir tahun lalu. Perusahaan yang antusias prihal ajakan Pemkot Bandung saat ini baru dari Telkomsel.

Dia melanjutkan, Telkomsel, tertarik untuk untuk menda­nai pengadaan tenda pena­taan PKL Cicadas.

Meski belum ada perjanjian resmi, dia menilai, Telkomsel serius untuk memberikam CSR pengadaan tenda bagi 602 pedagang yang ada di Cicadas.

“Telkomsel Insya Allah tadi datang minta desain, ukuran. Mereka minta waktu mudah-mudahan dalam waktu dekat ya ming­gu-minggu ini mereka sudah menyampaikan ke Pemkot,” urainya.

Menurutnya, penataan PKL Cicadas ini tinggal menung­gu pengadaan tenda saja. Para pedagang sudah siap ditata karena sudah ada kese­pakatan bersama Pemkot Bandung mengenai konsep penataan. Bahkan sejak per­temuan dengan Pemkot Bandung tahun lalu, pedagang sudah menanti-nanti pelaks­anaan penataannya.

Dia mengatakan para pe­dagang akan berjualan meng­gunakan tenda dan meja yang diseragamkan. Se­hingga tampak lebih rapi dan tidak mengganggu es­tetika.

Yana menambahkan, pena­taan dengan konsep pembi­ayaan CSR tidak menutup kemungkinan dilakukan di titik-titik lain. Menurutnya beberapa titik PKL lainnya juga meminta untuk ditata. “PKL yang di Sukajadi juga minta. Tapi kita selesaikan yang ini dulu,” ujarnya.

Ketua Organisasi Cadas Insun Pituin Asal Sunda (CIPAS) Suherman sekaligus Kepala Pedagan Kaki Lima Cicadas mengungkapkan, pada November 2018 me­mang sudah ada kesepaka­tan antara pedagang Cica­das bersama Pemerintah Kota Bandung di atas ma­terai untuk penataan PKL. “Sudah ada kesepatan me­mang antara pedagang dengan Pemkot,” jelas Su­herman saat dihubungi Jabar Ekspres.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan