Pemkot Fokus Benahi Sertifikat Lahan Sekolah

BANDUNG– Kolaborasi Pe­merintah Kota Bandung dengan Badan Pertanahan Nasional (BPN) semakin membuahkan hasil. Salah satunya, sebanyak 85 lahan sekolah milik Pemkot Bandung kini bersertifikat.

Wali Kota Bandung, Oded M. Danial menyerahkan ser­tifikat tanah tersebut kepada kepala UPT Satuan Pendidikan di lingkungan Dinas Pendi­dikan Kota Bandung (Disdik) di Kantor Dinas Pendidikan Kota Bandung, Jalan Ahmad Yani, Kamis (28/2/2019). Turut mendampingi, Plt. Ke­pala Dinas Pendidikan Kota Bandung, Hikmat Ginanjar dan Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kota Bandung, Elijas Bambang Tjahajadi.

Oded merasa bangga karena hasil kolaborasi antara BPN Kota Bandung dengan Pemkot Bandung berjalan lancar. Hal tersebut menjadi penting, ka­rena Pemkot Bandung selain tengah mengejar raihan opini WTP (Wajar Tanpa Pengecua­lian) dari BPK. Selama ini salah satu hambatan untuk meraih itu adalah sertifikasi lahan.

“Dengan kolaborasi, mem­berikan hasil tanah Pemkot Bandung bersertifikat. Selain itu, tata kelola pemerintah ini untuk mendorong semangat meraih opini WTP dari BPK,” kata Oded.

Dari data Dinas Pendidikan, ada sebanyak 221 persil yang diajukan untuk memperoleh sertifikasi. Dari jumlah terse­but, baru 85 persil bersertifi­kat. Sedangkan 136 persil sisanya, baru sebanyak 91 persil yang masuk Peta Bidang Tanah (PBT).

“Alhamdulilah penyerahan sertifikat untuk persil sekolah ada 85 sertifikat, sisanya 136 persil yang belum, tetapi su­dah masuk PBT sebanyak 91 persil. Semangat tahun ini bisa selesai. Ya sekitar 45 per­sil lagi harus diproses dan identifikasi,” katanya.

Oded mengungkapkan, aset Pemkot Bandung dari 12.500 persil, sebanyak 8.400 persil sudah memiliki legitimasi. Dengan itu, Oded terus ber­kolaborasi agar seluruh aset Pemkot Bandung memiliki sertifikat.

“Dari sejumlah 12.500 persil, aset Pemkot Bandung sudah ada 8.500 yang selesai, tinggal sedikit lagi ya. Semangat saya dengan BPN ini terus tingkat­kan kolaborasi, agar aset Pem­kot Bandung harus tersertifi­kasi semuanya,” harap Oded.

Pada kesempatan yang sama, Plt Kepala Dinas Pendidikan Kota Bandung, Hikmat Gi­nanjar mengatakan, dengan bersertifikat, sekolah-sekolah akan semakin baik dalam proses pembelajaran.

“Kolaborasi dengan BPN ini memberikan hasil yang baik. Ini menjadi modal bagi kami untuk bekerja lebih giat lagi,” katanya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan