Pemkot Akan Tambah Jumlah Bus Ramah Disabilitas

BANDUNG– Upaya mengakselerasi layanan transportasi publik, Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bandung menyiapkan bus ramah disabilitas. Bus tersebut dipamerkan dan dijajal langsung oleh penyandang disabilitas saat acara Hari Ulang Tahun Perhubungan di Terminal Leuwipanjang, Selasa (17/9).

“Bus ramah difabel ini merupakan wujud perhatian Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung agar saudara-saudara kita yang difabel tetap bisa merasa nyaman naik transportasi umum,” ujar Kepala Dinas Perhubungan, E.M Ricky Gustiadi.

Saat ini, bus ramah difabel baru tersedia 2 unit. Masih ada beberapa finalisasi untuk fitur-fitur bus.

Bus ramah difabel ini sudah ada sejak tahun 2018, dan memiliki daya angkut sebanyak 19 orang.

Bus ini juga memiliki dua jenis, low deck dan high deck yang disesuaikan dengan kenyamanan penyandang difabel pengguna kursi roda ataupun pengguna tongkat.

Nantinya, bus ramah difabel ini akan beroperasi di seluruh koridor Trans Metro Bandung.

Aden Ahmad, Warga Bandung yang sempat mencoba bus ramah disabilitas menyebutkan, bus ini adalah terobosan baru yang canggih dari Pemkot Bandung.

“Tentunya, rasa khawatir masih ada. Tapi, saya bangga karena bus ini adalah produk buatan kita,” ujar Aden.

“Artinya pemerintah sudah punya niat untuk memfasilitasi kami. Tidak hanya memfasilitasi, tapi juga memberikan kenyamanan dalam fasilitasnya,” sambungnya.

Saat ini, unit bus sedang dalam tahap finalisasi. Setelah proses finalisasi, bus ramah difabel ini akan segera dioperasikan di Kota Bandung. (mg2/drx)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan