Pemkab Targetkan PAUD Hadir Hingga Tingkat RW

NGAMPRAH– Bunda Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Kabupaten Bandung Barat (KBB), Yuyun Yuningsih Umbara menilai, untuk mempersiapkan generasi yang unggul dan kuat pendidikan menjadi salah satu faktor utama, karena masa depan bangsa ini berada di pundak anak-anak.

Menurut Yuyun, pendidikan harus diberikan secara dini pada anak-anak dengan memberikan ruang seluas-luasnya, namun porsinya sesuai kemampuan mereka. Salah satu lembaga pendidikan resmi yang diakui pemerintah adalah Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Di sekolah formal ini, anak-anak diberikan pendidikan secara dini sebagai persiapan menuju bangku Sekolah Dasar (SD).

“Di KBB lembaga PAUD telah berdiri hingga tingkat desa. Kami harapkan, tahun depan seluruh RW sudah memiliki PAUD. Anak-anak yang berusia 2-6 tahun harus sudah bersekolah PAUD,” ujar Yuyun di Ngamprah, Jumat (29/11).

Yuyun menuturkan, program PAUD yang dikembangkan oleh KBB secara holistic, yaitu penanganan anak usia dini secara utuh atau menyeluruh, yang mencakup layanan gizi dan kesehatan, pendidikan dan pengasuhan serta perlindungan untuk mengoptimalkan semua aspek perkembangan anak usia dini.

“Karena ada kaitannya dengan program Pemkab Bandung Barat, sebagai upaya pencegahan stunting atau gagal tumbuh pada anak. Implementasinya, salah satunya dengan memberikan asupan gizi anak usia. Ini sebagai upaya kita dalam menciptakan anak yang sehat dan kuat,” katanya.

Sebelumnya, ratusan anak-anak dari berbagai lembaga PAUD, Taman Kanak-kanak dan Raudatul Athfal (RA) se-Kabupaten Bandung Barat bergembira pada acara peringatan Hari Anak Indonesia (HAI), yang berlangsung di Bale Pare Kota Baru Parayangan, Padalarang, Kamis (28/11).

Mereka didampingi para guru dan orangtuanya dengan keceriaan khas anak-anak, mengikuti berbagai lomba yang diselenggarakan Bidang PAUD Dinas Pendidikan Kabupaten Bandung Barat. Peringatan HAI tersebut dibuka langsung oleh Bupati Bandung Barat, Aa Umbara Sutisna didampingi Bunda PAUD Kabupaten Bandung, Yuyun Yuningsih Umbara. (drx)

Tinggalkan Balasan