Pemkab Fokus Dorong Pemberdayaan Masyarakat

NGAMPRAH– Pemkab Bandung Barat terus akan memantau warganya yang hidup dalam keterbatasan ekonomi. Penanganan ma­syarakat kurang mampu ini menjadi salah satu fokus ut­ama di masa kepemimpinan Bupati Bandung Barat, Aa Umbara Sutisna dan wakilnya Hengki Kurniawan.

Salah satu yang sempat viral di media sosial (medsos) dan di media massa beberapa waktu lalu, yang dialami oleh pasangan suami istri (pasut­ri) Jahidin,40, dan istrinya Ilah,36, warga Kampung Ci­dadap, Desa/Kecamatan Pa­dalarang, Kabupaten Bandung Barat. Pasutri tersebut ber­sama tujuh orang anaknya terpaksa tinggal di sebuah gubuk berukuran 2,5×2,5 me­ter bekas kandang kambing, karena faktor ekonomi.

Kondisi yang dialami kelu­arga Jahidin mungkin hanya satu dari sekian banyak potret kemiskinan yang dialami oleh warga Kabupaten Bandung Barat. Tentunya hal tersebut menjadi perhatian Pemerin­tah Daerah untuk mengen­taskan kemiskinan.

Saat mengetahui kabar ter­sebut dari medsos dan media massa, melalui Wakil Bupati Bandung Barat Hengki Kur­niawan bersama istrinya So­nya Fatmala, saat itu langsung mendatangi rumah keluarga Jahidin. Namun, mirisnya justru Hengky mendapatkan informasi ini dari wartawan dan medsos, bukan dari Ke­pala Desa yang terdekat.

”Kepada warga KBB, khus­usnya para anak muda yang aktif di medsos, untuk selalu membantu warga sekitar dengan cara menginforma­sikan kepada saya, bisa mel­alui instagram, whatsapp, ataupun lainya,” ujar Hengki, Minggu (5/5).

Hengki mengatakan, Pemkab Bandung memiliki program perbaikan rumah tidak laik huni (rutilahu). Tentunya, warga yang memang rumah­nya masuk katagori rutilahu akan mendapatkan bantuan dari program tersebut.

”Karena keterbatasan, Pe­merintah Daerah juga me­merlukan informasi dari luar. Justru, dengan banyaknya informasi yang masuk, akan mempermudah pemerintah untuk langsung menangani. Seperti kasus keluarga Jahidin,” katanya.

Dengan banyaknya hal yang tidak diketahui oleh Pemerin­tah Daerah, Hengki meminta bantuan terhadap masyarakat khususnya Kepala Desa, un­tuk selalu memberikan infor­masi kepada Pemkab Bandung Barat ketika ada warga yang membutuhkan bantuan.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan