Pemkab Bandung Akan Lakukan Perluasan Terminal

SOREANG – Kesemerawutan yang ditimbulkan terminal bayangan sepanjang Jalan Soreang – Banjaran memang sudah lama terjadi. Menyi­kapi hal tersebut, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bandung akan melakukan perluasan Terminal Soreang.

Selain memperluas terminal, Pemkab pun melalui Dinas Perhubungan (Dishub) Ka­bupaten Bandung akan me­nambah petugas untuk mela­kukan penertiban di terminal tersebut.

Hal tersebut diungkapkan Asisten Ekonomi dan Kese­jahteraan Kabupaten Bandung, selaku Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dishub Kabupaten Bandung, H. Marlan, di ruang kerjanya, Soreang, Kamis (25/4).

Marlan menerangkan, di samping perbaikan untuk penataan lingkungan dan ja­lan di seputar terminal, pi­haknya juga akan melakukan perluasan terminal.

“Perbaikan ini seiring dengan rencana renovasi Pasar Sore­ang, maka kondisi Terminal Soreang pun akan mengalami perluasan sekitar 2.000 meter persegi, sehingga diharapkan mampu menambah daya tam­pung angkot (angkutan kota) di dalam terminal,” terangnya.

Marlan menambahkan, me­mantapkan pembangunan infrastruktur merupakan sa­lah satu program prioritas yang diemban Bupati Bandung H. Dadang M. Naser, dalam men­jalankan roda pemerintahan­nya.

Dalam pelaksanaanya, kata Marlan, tentunya memer­lukan proses waktu. “Ada ta­hapan dan mekanisme admi­nistrasi yang mesti ditempuh agar tidak menyalahi aturan. Sejatinya, Kami ingin men­ciptakan kondusifitas wilayah, termasuk dalam memberikan kenyamanan infrastruktur pada seluruh warga Kabupa­ten Bandung. Dimohon ma­syarakat pun dapat bersabar,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Dis­hub Kabupaten Bandung Anwar Sutarwan mengung­kapkan, penambahan perso­nel tersebut dilakukan untuk mengurai kemacetan yang terjadi di sekitar Pasar Soreang, khususnya pada jam sibuk.

“Sebelumnya kita pernah paksakan masuk terminal So­reang, tapi malah tambah ma­cet. Kapasitas terminal sen­diri hanya sekitar 30 kendara­an, tapi frekuensi per trayek bisa sampai ratusan. Jadi lang­kah yang kita ambil untuk saat ini adalah dengan menambah petugas, terutama pada jam – jam sibuk seperti pagi dan sore hari,” tandasnya. (yul/drx)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan