Pemerintah Pastikan BBM Aman di Jalur Tol

JAKARTA – Pemerintah memastikan pasokan Bahan Bakar Minyak (BBM) sepanjang Tol Trans Jawa aman saat musim mudik Lebaran 2019. Di sepanjang tol yang membentang dari Merak hingga Pasuruan tersedia 112 titik layanan BBM, terdiri dari 44 SPBU.

Selain itu, sebanyak 25 mobil tangki yang dilengkapi flowmeter (mobil dispenser) dan 43 Kios Pertamina Siaga. Ditambah juga dengan 50 unit motor pengantar BBM (motorist BBM) dan jaminan stok BBM di SPBU diperkuat dengan adanya 19 titik kantong BBM.

“Kami berusaha maksimal mungkin memberikan pelayanan ke masyarakat yang melakukan perjalanan ke kampung halaman,” kata Direktur Utama Pertamina, Nicke Widyawati.

Sedangkan bagi pengendara yang melalui jalur tol di wilayah Jawa Timur, Pertamina menyiapkan 11 SPBU dan 1 Kios Pertamina Siaga di jalur tol sepanjang Surabaya-Solo.

Untuk di jalur tol Surabaya-Malang dan Surabaya-Probolinggo, disiapkan 7 SPBU dan 1 kios Pertamina Siaga.

Sementara di jalur Tol Wilayah Jawah Tengah, Pertamina juga menyediakan 6 SPBU Reguler dan 16 Kios Pertamina Siaga. Pertamina juga menyiapkan 4 titik Rumah Pertamina Siaga yang tersebar di beberapa lokasi jalur di wilayah Jawa Tengah saja.

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Igna­sius Jonan memastikan ke­tersediaan pasokan BBM selama arus mudik dan balik Lebaran 2019 di jalur tol.

“Menurut saya sejauh ini ketersediaan pasokan BBM sudah maksimal,” kata Jonan.

Kendati pasokan BBM sudah tersedia secara optimal, namun Jonan mengimbau masyarakat yang menggunakan jalan tol agar mengisi minimal tiga per empat dari ukuran tangki BBM-nya saat keberangkatan.

“Masyarakat yang mudik menggunakan jalan tol wak­tu berangkat paling kurang diisi kalau tidak mau penuh ya minimal tiga per empat. Pokoknya jangan diisi separuh, begitu. Baliknya juga,” pinta Jonan.

Direktur Pemasaran Perta­minan, Mas’ud Khamid me­nambahkan, Pertamina telah menyiapkan 15 juta liter BBM untuk memenuhi kebutuhan pemudik yang melewati Jalan Tol Trans Jawa dari Jakarta menuju Surabaya.

“Ketersediaan layanan BBM ini semoga dapat memberia­kan rasa tenang dan aman kepada para pemudik selama melewati jalan tol,” pungkas­nya. (din/fin)

Tinggalkan Balasan