Pemain Persib Absen di Timnas Indonesia

BANDUNG – Para pemain Persib Bandung harus absen alias tak mendapatkan posisi bermain di Timnas Indonesia pada kualifikasi Piala Dunia 2022.

Tim nasional Indonesia resmi memanggil 25 nama terpilih yang akan diterjunkan. Namun tak ada pemain Persib yang mendapat lirikan dari Simon McMenemy. Biasanya selalu ada perwakilan dari Maung Bandung untuk ikut dalam daftar pemain yang dipanggil tim Merah Putih.

Robert Rene Alberts pun angkat bicara mengenai keputusan dari Simon yang mengabaikan pemain Persib. Menurutnya itu merupakan hak dari pelatih dan bukan masalah jika pemainnya tidak masuk dalam rencana.

Pelatih punya skema dan sistem yang disiapkan, dan pemain yang dipanggil harus bisa mengakomodir taktiknya.

“Sebetulnya pemain kami punya banyak talenta dan cukup berpotensi, namun semua itu keputusannya diserahkan kepada keputusan pelatih. Saya pikir itu hak dari pelatih timnas untuk memilih pemain terbaik yang cocok untuk sistem yang digunakannya,” kata Robert pada awak media dilansir simamaung.com, kemarin (30/9).

Persib pun harus menghormati keputusan dari Simon yang memilih memanggil pemain Persib. Menurutnya bukan soal kualitas pemain Persib yang ada di bawah rata-rata. Namun semua berdasarkan apa yang dibutuhkan pelatih untuk menerapkan strateginya. Karakter bermain seseorang yang lebih berperan dalam situasi ini.

“Kami harus respek pada pelatih timnas. Kami punya pemain yang bagus dan bertalenta tapi pemain lain punya tipe bermain yang berbeda dan itu jadi wewenang pelatih timnas. Tapi kami tetap mendukung timnas dan mendoakan hasil terbaik untuk Indonesia,” jelasnya.

Keputusan dari Simon pun tak dipandang sebagai keuntungan atau kerugian bagi Persib. Dia hanya berusaha untuk membuat pemain yang diacuhkan timnas untuk tetap dalam kondisi psikologis yang terjaga. Karena dia paham pemain seperti Febri Hariyadi yang sebelumnya rutin dipanggil mengalami kekecewaan.

“Yang penting pemain-pemain yang pernah dipanggil, Jupe pernah dipanggil dan Febri juga pernah dipanggil lalu mereka kini tak mendapat panggilan, saya harus bekerja dengan mereka agar tidak merasa kecewa,” jelasnya.

“Karena setiap pemain pasti termotivasi untuk masuk ke timnas dan jika setelahnya mereka tidak lagi dipanggil karena pelatih menilai mereka tidak sesuai level yang diinginkan lalu merasa down, tugas saya untuk langsung mengatasi situasi tersebut,” tandasnya. (bbs/drx)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan