Pelatih Klub Keluhkan Kebijakan PSSI terkait Regulasi

BANDUNG – Kebijakan Persatuan Sepekbola Seluruh Indonesia (PSSI) terkait regulasi pemanggilan pemain untuk menjadi skuat Tim Nasional (Timnas) dikeluhkan para pelatih klub peserta Shopee Liga 1 2019, tak terkecuali pelatih Persib Bandung dan Bali United.

Pelatih Persib, Robert Rene Alberts bahkan mengeluhkan kebijakan dari PSSI tersebut karena ada beberapa klub yang masih menggunakan pemainnya. Padahal, menurut pelatih berkebangsaan Belanda itu Klub tersebut pemainnya sudah dipanggil lebih dulu.

”Seperti Andritany Ardhiyasa (Persija), Lerby Eliandy (Borneo FC) dan Muhammad Tahir (Persipura) mereka masih terlihat bermain,” ungkap Robert pada sesi jumpa pers usai laga di Si Jalak Harupat, dilansir dari simamaung.com, Selasa (12/11).

Menilik dari kondisi timnya yang pincang, Robert mengatakan ia mengajukan permintaan untuk menggunakan jasa Febri Hariyadi dan Ardi Idrus. Tapi pihak federasi tidak mengindahkan permintaan Persib. Pelatih asal Belanda itu pun ingin agar ada investigasi terkait tebang pilih kebijakan.

”Kemarin kami mengirim surat untuk menggunakan dulu dua pemain kami tapi itu ditolak. Tapi beberapa pemain yang dipanggil ke timnas kemarin masih bermain (di klub),” kata Robert.

”Pelatih Bali pun sudah berbicara soal hal ini. Jadi ini harus diinvestigasi, bagaimana bisa ada pemain yang pemainnya diberi izin main dulu dengan klub, dan klub seperti kami tidak boleh melakukan itu,” jelasnya.

Menurutnya perlu dilakukan kesetaraan kebijakan untuk setiap klub di tanah air supaya tidak ada yang merasa dirugikan.

”Seperti ada standar ganda dan ini harus diinvestigasi kenapa beberapa pemain boleh main bersama klub dan beberapa tak bisa (main dengan klub lebih dulu),” tukasnya.

Sementara itu, ditempat terpisah, Pelatih Bali United, Stefano Cugurra Teco, meminta ketegasan PSSI perihal pemanggilan pemain ke Tim Nasional (Timnas) Indonesia. Sebab, Teco merasa tidak mendapat keadilan karena di saat sejumlah klub belum melepas sang pemain ke timnas, namun Bali United sudah mengirimkan dua personel mereka ke Skuad Garuda.

Pada Selasa 19 November 2019, Timnas Indonesia akan melakoni laga kelima Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia kontra Malaysia di Kuala Lumpur. Untuk melakoni laga tersebut, pelatih Timnas Indonesia Simon McMenemy memanggil 23 pemain. Di lansir dari bola.okezone.com

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan