Pelantikan Kades Cintakarya Minta Ditunda

NGAMPRAH– Kantor Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa (DPMPD) Kabupaten Bandung Barat (KBB) digeruduk oleh puluhan massa dari warga Desa Cintakarya, Kecamatan Sindangkerta, Selasa (17/12).

Warga meminta rancana pelantikan kepala desa Cintakarya pada 27 Desember 2019 mendatang, ditunda. Sebab, masih terjadi sengketa hasil Pilkades antara calon kades nomor urut 2 dan 4.

“Kami menuntut pelantikan kades terpilih ditunda, bahkan kalau bisa diadakan pemungutan suara ulang,” kata Koordinator Aksi, Asep Juarsah, usai audiensi.

Seperti diketahui, peraihan suara calon kepala desa Cintakarya nomor urut 2 Agus Hambali dan calon nomor 4 Wawan Setiawan pada Pilkades Serentak 24 November lalu, mengantongi jumlah suara sama, yaitu 1.219 suara. Akhirnya, penetapan calon terpilih diputuskan berdasarkan sebaran perolehan suara di tingkat TPS.

Menurut Asep, selain hasil suara imbang, dia menemukan indikasi kecurangan dalam pelaksanaan Pilkades. Seperti, banyak pemilih tidak mendapatkan suara dan diduga ada pemilih yang berasal dari luar desa.

“Laporan ini kita sampaikan langsung ke Kepala DPMPD yang juga merangkap wakil ketua panitia kepala desa tingkat. Kami ingin ini ditindaklanjuti sebelum melakukan pelantikan,” paparnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa (DPMPD) KBB yang juga sebagai Wakil Ketua Pilkades KBB, Wandiana, memastikan bahwa aspirasi dari peserta aksi bakal ditindaklanjuti. “Kita akan kaji dulu laporan ini, minimal 7 hari maksimal 30 hari kita akan tetapkan hasilnya,” pungkasnya. (drx)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan