PDGMI Berbagi Ilmu Kesehatan Melalui Kegiatan Seminar

BANDUNG– Perhimpunan Dok­ter Gizi Medik Indonesia (PDGMI) Cabang Jawa Barat menyeleng­garakan kegiatan MENGAZI (Mun­ggahan Mengobrol Gizi), di Audi­torium Rumah Sakit Pendidikan

Universitas Padjadjaran Ja­lan Prof. Eyckman No. 38 Bandung, yang dihadiri oleh sekitar 300 peserta dari ber­bagai komunitas umum mau­pun yang berada di lingkungan Kementerian Agama di Kota Bandung baru-baru ini.

Yenni Zuhairini, dr.,MGizi.,SpGK, Ketua PDG­MI Jabar menyampaikan, bahwa organisasi ini adalah organisasi nirlaba berang­gotakan dokter yang memi­liki minat yang sama dalam bidang Gizi Medik. PDGMI mempunyai perhatian khu­sus terhadap upaya mendu­kung peningkatan kesehatan melalui penerapan pola hidup yang sehat. Bulan Ramadan dapat dijadikan sebagai mo­mentum untuk memperbai­ki dan membuat pola hidup sehat dan diharapkan terus dilaksanakan di bulan-bulan lainnya. Karena itu, kegiatan ini tidak berbayar dan dituju­kan untuk awam serta men­gundang komunitas yang dapat membantu diseminasi info sehat ke lingkungannya seperti pesantren, DKM, ka­der Posyandu dan lainnya.

Ketua panitia, dr. Nurly Hes­tika Wardhani, menyatakan bahwa tema yang diangkat sesuai dengan kebutuhan masyarakat mengenai peng­etahuan pengaturan asupan nutrisi dan pola aktivitas yang sehat selama menjalankan shaum di bulan suci Ramadan. Seperti diketahui, bulan Ra­madan adalah bulan yang penuh kemuliaan, bagi umat muslim bulan Ramadan merupakan hadiah dari Allah SWT sehingga kehadirannya sangat ditunggu-tunggu.

Setiap muslim mendamba­kan dapat beribadah dengan optimal pada bulan ini, kare­nanya diperlukan persiapan agar bisa menjalani rangka­ian ibadah salah satunya dengan persiapan pengaturan asupan gizi supaya dapat te­tap sehat sehingga dapat menunjang kekhusukan shaum.

Lebih lanjut diutarakannya, secara ilmiah shaum telah ter­bukti membawa banyak man­faat, tetapi masyarakat sering kebingungan untuk menerje­mahkan anjuran dari dokter mengenai asupan gizi yang baik dalam pelaksanaan praktis sehari-hari, karena itu acara seminar ini dikemas menjadi satu paket lengkap. Narasum­ber ahli dan praktisi yang sangat berpengalaman di bidang gizi adalah dr. Kunkun K. Wiramihardja,Dipl. Nutr., MS, SpGK yang memaparkan ten­tang cara islami pengaturan makan dan aktivitas fisik saat shaum.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan