Partai Gelora Resmi Berdiri

JAKARTA – Partai Gelombang Rakyat (Gelora) Indonesia akhirnya resmi berdiri. Partai besutan eks kader PKS itu mulai diperkenalkan ke publik, kemarin (10/11). Mengambil lokasi di kawasan Kemang, Jakarta Selatan, momen tersebut dihadiri ratusan orang. Mereka adalah para inisiator serta pimpinan pengurus DPW tingkat provinsi.

Fahri Hamzah salah satu inisiator mengatakan seluruh prasyarat sudah dilengkapi. Itu mencakup 1.200 orang pendiri sampai ke tingkat daerah. Inisiator pusat sebanyak 99 orang. Pihaknya juga telah menunjuk pimpinan inti di 34 provinsi. Mencakup ketua, wakil ketua, sekretaris dan bendahara. Nah, pengurus inti tingkat DPW inilah yang ditugaskan untuk membentuk kepenguruan di tingkat kabupaten/kota.

Dokumen lengkap tersebut sudah diserahkan ke notaris untuk didaftarakan ke Kemenkum HAM. Biasanya Kemenkum HAM akan bekerja dua bulan untuk melakukan verifikasi data. ’’Setelah itu resmi deklarasi,” paparnya.

Fahri juga blak-blakan menjawab tudingan banyaknya kader eks PKS bedol desa masuk Partai Gelora. Dia bilang, tidak ada paksaan bagi mantan kader PKS untuk masuk partainya. Dia menuding, mantan kader PKS yang loncat ke partainya tidak menemukan masa depan di PKS. Pasalnya, ungkap dia, banyak sekali larangan yang tidak boleh dilakukan oleh kader. ’’Misalnya kader tidak boleh ngomong, tidak boleh tanya. Iya tidak begitu dong. Parpol kan harus transparan,” imbuhnya.

Ya, sejumlah eks kader PKS kini menjadi bagian dari Partai Gelora. DKI Jakarta ada Tri Wisaksana. Mantan wakil ketua DPRD DKI Jakarta fraksi PKS itu kini menjabat ketua DPW Partai Gelora DKI Jakarta. Mantan ketua DPW PKS Jatim Hamy Wahjunianto juga merapat ke Parftai Gelora. Selain itu ada juga nama Dedy Mizwar eks kader Demokrat dan mantan wakil gubernur Jawa Barat.

Di lokasi sebagian besar mereka yang ikut mendeklarasikan Parta Gelora mengenakan jaket berwarna putih cerah. Bagian dada kiri terdapat lambang partai. Berbentuk bundaran bulat dengan kombinasi warna merah, putih, biru laut dan biru toska. Di bawah lambangnya tertulis Gelora Indonesia. ’’Kegiatan hari ini (kemarin, red) menandai bahwa partai ini sudah lahir,” kata inisiator Partai Gelora Anis Matta.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan