Paripurna Usulkan Nama Pimpinan

SOREANG – Setelah dilantik pada Senin, 26-Agustus 2019 lalu, semua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bandung periode 2019-2024. Menggelar rapat paripurna untuk mengusulkan nama nama unsur pimpinan DPRD dan Fraksi di Masing masing Parpol.

Calon Ketua DPRD Kabupaten Bandung dari Partai Golongan Karya Sugianto mengatakan, sesuai aturan perundangan yang berlaku, setiap parpol di DPRD memang bisa membentuk fraksi mandiri jika memiliki anggota minimal sama dengan jumlah komisi yang ada. Dalam hal ini, DPRD Kabupaten Bandung kali ini juga masih akan memiliki empat komisi seperti periode sebelumnya.

”Alhamdulillah periode kali ini semua parpol di DPRD Kabupaten Bandung memiliki fraksi mandiri. Hal itu tak lepas dari jumlah anggota yang mencukupi dan sesuai dengan aturan untuk membuat sebuah fraksi,” katanya saat ditemui usai rapat paripurna di Gedung DPRD Kabupaten Bandung, Selasa (10/9).

Menurutnya, anggota DPRD periode 2019-2024 dipastikan tak lagi memiliki fraksi gabungan. Kali ini seluruh partai politik memiliki fraksi sendiri karena memiliki paling sedikit empat kursi atau sama dengan jumlah komisi yang ada di DPRD Kabupaten Bandung. ada delapan parpol yang lolos ke DPRD Kabupaten Bandung pada pemilu legislatif 2019 lalu. Mereka adalah Partai Golkar dengan raihan 11 kursi, PKS 10 kursi, Gerindra 7 kursi, PDIP 7 kursi, PKB 6 kursi, Demokrat 5 kursi, Nasdem 5 kursi dan PAN 4 kursi.

Selain penentuan fraksi, rapat paripurna tersebut juga menentukan usulan unsur pimpinan DPRD Kabupaten Bandung yang akan diajukan ke Gubernur Jabar. Sebagai parpol dengan raihan kursi terbanyak, Golkar kembali berkesempatan mengajukan kadernya sebagai calon ketua yang kali ini jatuh pada Sugiyanto.

Selain Golkar sebagai ketua, unsur wakil ketua juga tidak mengalami perubahan. Sebagai tiga perpol lain yang meraih kursi terbanyak, PKS, Gerindra dan PDIP masih akan menduduki posisi tersebut.

Sugiyanto menjelaskan, PKS mengusulkan Wawan Ruswandi sebagai calon wakil ketua DPRD Kabupaten Bandung. Wawan akan menggantikan wakil ketua dari PKS pada periode sebelumnya, Jajang Rohana yang pada pileg lalu lolos menjadi anggota DPRD Jabar.

Sementara itu PDIP masih mengusulkan muka lama untuk menduduki jabatan wakil ketua yaitu Hen Hen Asep Suhendar. Begitu pula Gerindra yang kembali mengusulkan sang Ketua DPC, Yayat Hidayat.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan