Paloh Tetap Nahkodai NasDem

JAKARTA – Partai NasDem akan menggelar Kongres pada 8-11 November 2019 mendatang. Berbagai agenda kepartaian akan dibahas dalam kongres tersebut. Termasuk pemilihan ketua umum baru dan jajaran pengurus partai lainnya.

Ketua DPP Partai NasDem, Taufik Basari mengatakan, khusus untuk posisi ketua umum dipastikan Surya Paloh akan kembali dipilih untuk 5 tahun ke depan. Kader partai dari level terbawah hingga teratas menyatakan masih membutuhkan kepemimpinan Surya Paloh.

”Kalau dari pandangan yang sekarang beredar di berbagai wilayah, provinsi, termasuk dari DPP, ya sepertinya kami masih membutuhkan sosok Surya Paloh untuk memimpin partai NasDem ini,” kata Taufik di kompleks DPR RI Senayan, Jakarta, Selasa (5/11).

Taufik menjelaskan, meski akan dipilih kembali sebagai Ketua Umum, Surya Paloh sudah meminta agar NasDem mempersiapkan sistem jangka panjang untuk regenerasi apabila nantinya Surya Paloh tak lagi menjabat. NasDem menegaskan tak ingin menjadi partai yang bergantung hanya pada sosok tertentu.

”Kami nggak mau partai NasDem ini menjadi partai yang patron, tapi kami bersandar pada sistem,” imbuhnya.

Sementara itu, untuk posisi sekjen, Taufik belum bisa memastikan apakah akan diganti atau dipertahankan dengan menunjuk kembali Johnny G Plate yang saat ini menduduki kursi Menteri Komunikasi dan Informatika. Menurutnya, penyusunan kepengurusan partai menjadi hak ketua umum setelah dilantik.

”Tergantung dari kepengurusan nanti. Kongres itu sebetulnya mengusulkan kepada majelis tinggi untuk memilih ketua umum. Kemudian ketua umum diberikan kewenangan untuk menyusun seluruh kepengurusannya termasuk sekjen dan sebagainya,” pungkas Taufik.

Sebelumnya, jelang Konggres ke-2 dan Hari Ulang Tahun ke-8 Partai NasDem, Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) dan Dewan Perwakilan Daerah (DPD) serta anggota DPRD se-Jawa Barat bulat mendukung Surya Paloh kembali memimpin partai untuk lima tahun ke depan.

Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Kota Tasikmalaya, Abdul Haris menilai Surya sosok pemimpin yang berhasil membawa partainya menuju kejayaan.

”Kebulatan semua pengurus DPW, DPD dan anggota DPRD se-Jabar dipilihnya kembali Surya Paloh memimpin sebagai Ketua Umum DPP partai NasDem. Karena, sosok beliau yang hingga kini belum ada penggantinya dan selama inj dinilai berhasil memimpin Partai meraih kejayaan pada Pemilu 2019 termasuk di Jawa Barat sendiri,” papar Abdul Haris, beberapa waktu lalu.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan