Optimalkan Pelayanan Perlindungan, Bupati Terima Bantuan Molin

SOREANG – Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kemen PPPA) Republik Indonesia (RI), menyerahkan bantuan Mobil Perlindungan Perempuan dan Anak (Molin), untuk sejumlah pemerintah kabupaten kota di Indonesia. Kabupaten Bandung termasuk salah satunya.

Bupati Bandung Dadang M. Naser secara simbolis menerima bantuan tersebut dari I Gusti Ayu Bintang Puspayoga, Menteri PPPA RI belum lama ini. Menurutnya, dengan jangkauan wilayah Kabupaten Bandung yang cukup luas, Molin sangat bermanfaat sebagai kendaraan operasional.

”Wilayah Kabupaten Bandung cukup luas, mencakup 270 desa dan 10 kelurahan di 31 kecamatan. Tentunya kendaraan operasional sangat dibutuhkan, terutama dalam rangka penyelesaian permasalahan kekerasan terhadap perempuan dan anak,”katanya saat ditemui di Soreang, Senin (2/12).

Dadang menjelaskan, sejauh ini Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bandung, belum memiliki kendaraan khusus untuk menangani kasus tersebut. Sehingga dengan adanya Molin, diharapkan bisa meringankan beban para relawan di tingkat kecamatan dan desa.

Dia mengaku, pihaknya tidak punya karena operasional itu ada di BKKBN mobil unit pelayanan KB mobil unit penerangan itu fungsinya untuk kependudukan dan penanggulangan bencana khusus untuk perlindungan anak.

”Saat ini kami baru memiliki mobil pelayanan KB, fungsinya untuk pelayanan kependudukan. Tentunya belum mengakomodir penanganan kasus. Terlebih lagi, masalah perempuan dan anak di Kabupaten Bandung sampai November 2019 ini, cukup berkembang,” akunya.

Selain menyerahkan 70 Molin kepada kabupaten kota, Menteri PPPA juga mengukuhkan para pegiat Perlindungan Anak Terpadu Berbasis Masyarakat (PATBM) sebagai Kader Masyarakat Indonesia Bersama Lindungi Anak (Kami Berlian).

”Setiap menemukan permasalahan dan pelanggaran hak anak, para kader Kami Berlian akan melaporkan secara daring melalui aplikasi digital tersebut. Aplikasi terhubung dengan Simfoni PPA (Sistem Informasi Online Perlindungan Perempuan dan Anak) dan akan menjadi data,” pungkasnya. (yul/rus)

Tinggalkan Balasan