Operasi Farid Harus Disegerakan

CIMAHI – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Cibabat mengungakpkan kondisi terkini Muhammad Farid Akbar. Anak berusia 13 tahun itu menderita penyakit tumor pada bagian paru-parunya.

Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Utama RSUD Cibabat, Reri Marlia mengatakan, Farid harus segera dilakukan operasi. Farid merupakan anak yang didiagnosa suspek massa (tumor) di paru-paru.

”Harus segera dilakukan tindakan operasi,” terang Reri saat dihubungi via pesan singkat, Senin (11/11).

Farid adalah anak dari pasangan Ade Jamaludin (33) dan Mulyati (31), warga Kampung Tegal Kawung RT 02/08 Kelurahan Cipageran Kecamatan Cimahi Utara Kota Cimahi, yang diketahui mengidap penyakit tumor yang diketahui sejak sebulan terakhir. Selama ini, ia berobat jalan ke Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) Bandung.

Namun sejak Minggu (10/11) Farid dibawa ke RSUD Cibabat untuk mendapat perawatan atas intruksi dari Wali Kota Cimahi. Namun, Jelas Reri, pihaknya tidak bisa melakukan tindakan operasi sebab tidak ada dokter Ahli Bedah Thorax.

”Farid didiagnosa suspek massa di paru-paru. Sampai saat ini pasien menunggu jadwal operasi dari pihak RSHS,” jelas Reri.

Dikatakannya, tindakan operasi sangat diperlukan untuk mengambil massa yang ada di paru-paru.

”(Untuk mengetahui) apakah sifatnya jinak atau ganas untuk tindakan terapi selanjutnya. Kalau ternyata massa atau benjolannya ganas bisa metastase (menyebar) ke organ lain,” ujarnya.

Untuk penanganan sementara dari pihaknya, lanjut Reri, Farid diberikan terapi obat oral dan oksigenasi untuk mengurangi sesak nafas pasien. Paling penting, kata dia, kondisi tubuh pasien harus terjaga dan mendapat asupan makanan yang sehat dan bergizi.

”Kondisi pasien saat ini baik, namun kadang merasakan sesak nafas. Intake asupan nutrisi baik,” tandasnya.(mg3/ziz)

Tinggalkan Balasan