Muswil II IMIKI Diisi Bedah Buku Komunikasi Korporat

KARAWANG – Ikatan Mahasiswa Ilmu Komunikasi (IMIKI) Wilayah II yang mencakup DKI Jakarta, Jawa Barat, dan Banten membedah buku komunikasi korporat, dalam rangkaian agenda Musyawarah Wilayah (Muswil) II ke-VI di Omega Hotel, Karawang, belum lama ini.

Penulis buku Komunikasi Korporat, Leila Mona Ganiem menuturkan, komunikasi merupakan hal mendasar yang dibutuhkan dalam kehidupan. Sehingga, suksesnya sebuah korporat atau perusahaan adalah komunikasi.

”Hal mendasarnya adalah tanpa komunikasi tidak akan ada korporasi, jadi penting membangun komunikasi yang baik di dalam perusahaan dan stakeholder,” tutur Leila, belum lama ini.

Sementara untuk berkomunikasi dengan internal perusahaan, ada cara sendiri diaman ada keunikan dan kekhasan yang dimiliki oleh setiap stakeholders, baik mahasiswa, perusahaan maupun masyarakat.

”Kita tidak bisa mencampurkan satu cara, tidak akan jalan. Dengan kemampuan kita memahami keunikan stakeholdersnya lalu merancangnya jadi strategi yang diupayakan mencapai visi dari perusahaan dengan meningkatkan potensi diri kita, kita bisa mencapai hal itu,” terangnya.

Untuk itu, lanjutnya, antarkorporasi dan mahasiswa harus memiliki hubungan baik. Korporasi harus melihat, mahasiswa sebagai komunitas yang bisa dirawat hubungannya, perusahaan juga bisa melihat ini calon pegawai dan aset bangsa.

”Bagi mahasiswa, perusahaan itu penting banget dibina, kenapa dia bisa belajar banget tentang perusahaan, dia bisa memahami bagaimana cara berfikir industri, bagaimana cara berfikir dunia kerja, dia juga bisa menantang dirinya untuk bisa melakukan networking sama mereka. Mengembangkan potensi-potensi yang bisa dilakukan, bisa mendapat support untuk agenda-agenda mereka jadi ini adalah win-win,” jelasnya.

Pada kesempatan yang sama, Senior Researcher in Communication & Public Opinion,  Profesor Rusdi Muchtar mengatakan, mahasiswa komunikasi harus terus meningkatkan kompetensinya dengan cara terus belajar.

”Sebagai anak komunikasi membahas buku komunikasi korporat itu adalah termasuk dalam disiplin komunikasi jadi anak-anak komunikasi minimal mempelajari korporat komunikasi melalui membaca buku dan itu sangat penting,” tegasnya.

”Peningkatan kualitas mahasiswa bisa dilakukan dengan beberapa cara, selain membaca buku, bisa juga dengan berjejaring atau networking,” tandasnya.

Sementara itu, Demisioner Ketua IMIKI Wilayah II Cecep Irwansyah, bersyukur kegiatan Muswil dapat terselenggara dengan baik, juga dapat memberikan pembelajaran yang baik kepada seluruh mahasiswa komunikasi khususnya wilayah II.

Tinggalkan Balasan