MotoGP Australia: Marc Marquez Menang Setelah Laga Penuh Drama

JAKARTA – Marc Marquez (Repsol Honda) menjadi pemenang MotoGP Australia yang diwarnai sejumlah drama, termasuk saat Maverick Vinales (Monster Energy Yamaha MotoGP) kalah duel di lap terakhir dan terjatuh menjelang finis balapan di Phillip Island, Minggu (27/10) siang WIB.

Marquez, yang membuntuti Vinales ketika memperebutkan posisi pertama itu, menunggu hingga lap terakhir untuk menyalip rival senegaranya dari Spanyol itu.

Vinales, yang mendominasi sesi latihan bebas dan peraih pole position di Australia berusaha menyerang kembali, tetapi justru melakukan kesalahan jelang tikungan terakhir dan terpelanting dari motornya. Pembalap bernomor 12 itu pun gagal mengulangi kesuksesannya tahun lalu di Australia.

Dengan terjatuhnya Vinales, Cal Crutchlow (LCR Honda), juara MotoGP Australia 2016, finis sebagai runner-up, setelah finis terlampau jauh 11,413 detik dari Marquez. Dan pembalap tuan rumah, Jack Miller (Pramac Ducati), merayakan finis podium di peringkat tiga dengan livery khusus di depan pendukungnya.

Kemenangan itu merupakan kali kelima bagi Marquez secara beruntun dan kali kesebelas baginya musim ini. Marquez telah mengunci gelar juara dunia musim ini di Thailand dan mempersembahkan gelar konstruktor kepada Honda. Pembalap bernomor 93 itu kini mengincar satu titel lagi, yaitu juara tim, untuk mengawinkan tiga mahkota untuk Honda musim ini.

Balapan seri ke-17 musim ini tersebut berlangsung dramatis sejak awal bahkan sebelum digelar di saat sesi kualifikasi ditunda hingga Minggu pagi karena cuaca buruk dan angin kencang menghalangi panitia menggelar babak penentu posisi start itu kepada Sabtu.

Setelah lampu start padam, Valentino Rossi, yang start dari P4, langsung melesat memimpin lomba menuju tikungan pertama. Insiden terjadi setelah tikungan pertama ketika Danilo Petrucci (Ducati) terpelanting dari motornya dan menabrak Fabio Quartararo (Petronas Yamaha SRT) yang berada di sisi luar trek. Kedua pembalap gagal melanjutkan balapan dan dibawa ke pusat medis untuk pemeriksaan.

Itu kali kedua bagi Quartararo terjatuh di akhir pekan ini setelah sebelumnya terpelanting dari motornya di sesi latihan pembuka, Jumat. Sembilan pembalap terdepan menjaga jaraknya dalam satu rombongan besar di depan hingga tujuh putaran awal.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan